Banyak cara yang bisa dimanfaatkan dari animasi powerpoint, seperti membuat Intro ketika sebuah slide mulai di jalankan. Diantara Intro yang menurut saya bisa anda gunakan adalah Animasi Pintu membuka (Open House) ketika sebuah Tombol tertentu ditekan. Selanjutnya baru ditampilkan Teks dan background utama Slide.

Untuk membuatnya ikuti langkah berikut:

1. Bukalah Ms PowerPoint anda dan buatlah slide baru dengan Background Panorama yang Anda Sukai.

2. Buatlah 2 buah shape Stars and Banner dengan pilihan Double Wave dan putarlah Arahnya menjadi Arah Vertical.  Shape yang pertama saya beri nama Left-door dan Shape yang kedua bernama Right-door. Pemberian nama ini saya gunakan untuk memudahkan Anda dalam memahami Tutorial ini saja 😉

3. Aturlah Panjang dan lebar kedua shape Left-door dan Right-door sehingga memenuhi Slide dan menutupi Background yang ada. Lihat gambar berikut :

3. Berilah warna yang Anda sukai (dalam hal ini saya beri warna merah untuk Left-door, dan Putih untuk Right-door.

4. Jika Anda ingin menambahkan Pegangan Pintu, anda bisa membuatnya dengan Shape Line dan Circle sedemikian hingga menyerupai pegangan pintu rumah. Lihat Gambar berikut :

5. Buatlah menjadi Gambar Pegangan Pintu1 dan Left-door tadi menjadi 1 Group, demikian juga dengan Right-door dan pegangan pintu2 sehingga memudahkan kita dalam memberi Animasi.

6. Selanjutnya, Buatlah Teks ‘Pintu kiri‘ pada bagian bawah  Left-door dan Teks ‘Pintu kanan‘ pada bagian bawah Right-door dengan menggunakan Text Box.

7. Langkah selanjutnya adalah memberi Animasi untuk Membuka Left-door dan Right-door.

8. Beri Animasi Motion Path-Left pada Left-door (yang sudah menyatu dengan pegangan pintunya) dan Aturlah jarak Path-nya sehingga ketika animasi dijalankan Left-door tidak terlihat di layar slide.

8. Lakukan langkah 8 untuk Right-door (yang sudah menyatu dengan pegangan pintunya) dengan Animasi Motion Path-Right.

9. Jalankan Slide untuk sementara, dan aturlah kembali gerakan Animasi Motion Path-nya sampai sesuai dengan yang diinginkan.

Jika sudah, silahkan diminum dulu Kopinya…ntar dingin loh.. 😉

Nah, jika sudah sesuai, langkah selanjutnya adalah mengendalikan Kedua Pintu tersebut, sehingga hanya terbuka ketika kita menekan Tombol ‘Teks Kiri‘ dan ‘Teks Kanan‘. So, ikuti langkah berikut :

10. Pada Menu Transition, Hilangkan Checklist pada On Mouse Click untuk mengunci Slide Transition-nya.

11. Selanjutnya, Berilah Animasi Entrance Fade pada Teks ‘Pintu Kiri‘  dan aturlah Effect Option-nya seperti terlihat pada gambar berikut :

12. Lakukan langkah 11 Untuk teks “Pintu Kanan“, dengan Animasi Trigger Rectangle 25 : Pintu Kanan.

Keterangan :

Left-door dan Right-door akan dibuka ketika kita menekan tombol “Teks Kiri” dan “Teks Kanan“.

13. Tambahkan Animasi Sound “Applause” ketika Pintu terbuka, untuk menambah Semarak Animasi.

14. Selanjutnya, Hilangkan Teks “Pintu Kiri“, ketika Left-door sudah terbuka dan Hilangkan Teks “Pintu Kanan” setelah “Right-door” terbuka dengan memberi Animasi Exit, Fade.

15. Aturlah Tata Letak Urutan Animasi seperti gambar berikut:

16.  Selanjutnya, Buatlah Tombol Action Button di bagian bawah slide yang menuju ke Next Slide.

17. Berilah Efek Entrance, Fade dan Aturlah Urutan Animasinya seperti Pada Gambar di atas.

17. Selanjutnya, Terserah Anda… 😛

Jika Anda tidak mau pusing-pusing baca tutorial di atas, silahkan Download File nya di sini.