Animasi Countdown (Hitung Mundur) biasa digunakan sebagai Intro (Pembuka) sebuah Video/Film. Hitungan Biasanya dimulai dari Angka tertentu sampai dengan Angka 1. Animasi ini biasanya dibuat menggunakan Macromedia Flash.

Animasi ini juga tidak kalah menarik jika digunakan sebagai Intro sebuah Presentasi.  Jika Anda tertarik, Ayo kita mulai membuatnya, tapi kali ini kita buat dengan menggunakan Ms PowerPoint ya.. Langsung aja..

  1. Bukalah Ms PowerPoint anda dan Buatlah Slide baru dengan Background warna Hitam.
  2. Sisipkan Autoshape, Flowchart : Or (Lingkaran dengan cross didalamnya). Gambarlah bentuk Lingkaran Besar dengan Lebar 6 dan panjang 6 (Bisa Anda temui di Autoshape Properties).
  3. Klik kanan pada Gambar Lingkaran yang sudah dibuat dan Hilangkan Warna dalam Lingkaran dengan Memilih No Fill pada Format Autoshape.
  4. Tambahkan Teks Angka 5 di dalam Lingkaran, dengan mengeklik kanan Lingkaran dan Pilih Add Text. Aturlah Besar Font angka 5 menyesuaikan dengan besar Lingkaran dan Beri warna Putih.
  5. Selanjutnya, berilah Animasi Pada lingkaran dengan animasi Entrance, Wheel dan aturlah :

– Start : After Previous
– Delay : 0
– Duration: 1 (Fast)

6. Kemudian Berilah animasi Angka 5 dengan Animasi Entrance, Fade dan aturlah :

– Start : With Previous
– Delay : 0
– Duration: 0.5 (Veri Fast)
Langkah 5 dan 6 adalah teknik memberi Animasi ketika efek countdown dimulai.
Selanjutnya, kita beri animasi Exit untuk menghilangkan Lingkaran dan Angka.

7. Pilih Lingkaran dan Angka 5 bersamaan (Untuk memilih kedua gambar secara bersamaan adalah dengan menekan tombol ctrl sambil mengeklik gambar yang dipilih).

8. Berilah Animasi Exit, Fade pada Lingkaran dan Teks Angka 5 yang sudah dipilih.
9. Untuk Animasi Exit Lingkaran, aturlah Start : After Previous, Speed:very fast dan Animasi angka 5 dengan Start : With Previous, Speed:Very fast.
10. Selanjutnya, Aturlah Slide Trasition sehingga slide akan dijalankan secara otomatis dengan menghilangkan tanda checklist pada On Mouse Click dan beri cheklist pada Automatically After.
11. Selesai! Selanjutnya anda tinggal mengcopy paste slide 1 ke slide 2,3,4,dan 5. Gantilah Angka 5 menjadi 4,3,2,1 dan Jalankan presentasi Anda.
Nah, bagian terakhir ini adalah bagian yang paling Anda sukai, yaitu Anda bisa mendownload file Demonya di sini. Selamat Mencoba!