Salah satu pilihan jenis soal pada Articulate Storyline yang menurut saya cukup interaktif adalah soal jenis Drag and Drop.

Pada Articulate Storyline, terdapat 3 jenis soal drag and drop, yaitu Matching Drag-and-drop, Sequence Drag-and-drop dan Freeform Drag-and-drop. Jenis soal Matching Drag-and-drop dan Sequence Drag-and-drop dapat dipilih melalui pilihan Graded Question, sedangkan untuk jenis soal Freeform Question dapat dipilih melalui jenis soal Freeform (Drag-and-drop).

Jenis soal Freeform (Drag-and-drop) dapat kita gunakan untuk membuat soal yang cukup interaktif seperti jenis soal yang berbasis game (gamified quiz). Contoh penerapan Freeform Drag and drop untuk kuis berbasis game dapat dilihat pada beberapa video ini.

Pada tulisan kali ini saya akan berbagi cara untuk membuat soal kuis jenis Freeform Drag and drop dengan konsep yang sederhana, sehingga pada latihan soal berikutnya Anda dapat mengembangkannya sesuai dengan keinginan.

Pada contoh ini kita akan membuat kuis seperti yang terlihat pada video berikut:

Berikut langkah untuk membuat soal kuis Freeform Drag and drop:

  1. Buatlah scene baru dan klik kanan New Slide > Freeform Question.

Maka akan ditampilkan kotak dialog Freeform Question.

Kotak dialog Freeform Question

2. Pilihlah Drag and Drop dan klik Insert Slide. Maka sebuah slide baru dengan nama Drag and Drop akan ditambahkan. Selanjutnya, pada mode Slide View, isilah slide tersebut dengan soal jenis drag and drop yang akan diberikan. Pada contoh ini kita akan membuat jenis soal seperti pada gambar berikut:

Tampilan soal dalam mode Slide View

3. Setelah membuat objek untuk soal drag and drop seperti di atas, selanjutnya aktifkan mode Form View untuk mengatur pasangan jawaban dari objek-objek tersebut.

Pada mode Form View ini, Anda dapat menentukan drag item dan drop target sesuai dengan pasangan jawabannya. Drag item merupakan objek yang akan di-drag dan Drop target merupakan objek (lokasi) dimana objek pada drag item akan ditempatkan.

Pada contoh ini drag item adalah foto-foto presiden RI dan drop target-nya adalah kotak/frame dengan label urutan periode kepemimpinannya.

Tampilan soal dalam mode Form View

4. Selanjutnya Anda dapat mengatur tampilan soal kuis melalui menu Question > Drag and Drop Options seperti pada gambar berikut:

Kotak dialog Drag and drop options

Pada kotak dialog tersebut, berilah pilihan pada:

  • Return to start point if dropped outside, untuk mengembalikan drag item ke tempat semula apabila drop target yang dituju tidak sesuai.
  • Reveal drag items one at a time, untuk menampilkan drop item satu per satu setelah drop item sebelumnya berada pada drop target.
  • Snap dropped items to drop target, untuk mengatur tampilan posisi drag item pada drop target.
  • Allow only one item in each drop target, untuk memastikan hanya satu drop item yang bisa mengisi drop target. Apabila terdapat lebih dari satu drag item pada drop target, maka objek drag item sebelumnya akan diganti dengan objek yang baru.
  • Delay item drop states until interaction is submitted, untuk menentukan tampilan feedback (benar/salah) akan ditampilkan langsung atau menunggu user mengeklik submit.

Anda dapat mencoba-coba pilihan pada Drag and drop options tersebut sesuai dengan tampilan soal kuis yang Anda inginkan.

Semoga bermanfaat yaa… 😉

Referensi:

https://www.youtube.com/results?search_query=articulate+storyline+drag+and+drop

https://community.articulate.com/series/130/articles/articulate-storyline-3-user-guide-how-to-create-freeform-drag-and-drop-questions#step1