Memberikan penghargaan kepada siswa atas prestasi yang dicapainya pada sebuah course/activity dapat memberikan motivasi tersendiri bagi mereka. Pada lingkungan pembelajaran virtual (virtual learning environment), order selain berupa nilai, penghargaan dapat juga diberikan berupa sebuah lencana (badge) yang menandai bahwa siswa telah berhasil mencapai progress terhadap course/activity berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

Pada Moodle versi terbaru 2.5, menyediakan sebuah fasilitas untuk memberikan badge (lencana) kepada siswa berdasarkan jenis kriteria yang telah dipilih. Tersedia 2 pilihan kategori badge (lencana) pada Moodle, yaitu :

  • Site badges, yang diberikan kepada user yang telah melaksanakan/mencapai aktivitas dengan cakupan yang luas. Misalnya telah menyelesaikan serangkaian course tertentu.
  • Course badge, yang diberikan kepada user yang telah melaksanakan/mencapai aktivitas tertentu dalam sebuah course. Misalnya telah menyelesaikan sebuah quis/assignment tertentu.

Sebuah badge dapat dikelola pada course atau pada site administration. Pada Moodle, seorang guru tidak serta merta dapat memberikan badge kepada siswanya kecuali jika guru tersebut telah diberikan hak akses oleh pihak administrator untuk mengelola badge.

Mengelola Course badge

Secara default, fasilitas Badge pada sebuah course adalah enabled (anda dapat melihatnya melalui Administration>Site administration>Badges>Badges settings). Selanjutnya pada coursenya, guru dapat melihat menu Administration>Course administration>Badges>Managing badges. Pada menu managing badges, guru dapat menambahkan badge baru ke dalam coursenya.

Badge yang telah ditambahkan, sebelum diberikan harus dilengkapi terlebih dahulu detailnya dengan mengeklik icon “Edit badge” pada kolom Action. Atau anda dapat mengeklik nama badgenya (pada kolom badge paling kiri). Berikut adalah Tab Badge yang tersedia :

  • Overview, menampilkan detail badge.

  • Edit detail, untuk mengedit badge, seperti “disable access” atau “enable access”

  • Criteria, dengan pilihan manual completion by role; course completion dan activity completion.

  • Message, untuk memberi pesan pada penerima badge.
  • Recipients, berisi daftar user yang telah menerima badge yang bersangkutan.

Mengelola Site Badge

Secara default, fasilitas Badge pada sebuah site juga enabled (anda dapat melihatnya pada Administration>Site administration>Advanced features. Selanjutnya anda dapat mengelolanya melalui Administration>Site administration>Badges>Manage badges dengan cara yang sama dengan course badges.

Semua badge yang tersedia pada sebuah site, akan ditampilkan dalam tabel yang mencakup icon badge, nama, status, kriteria, jumlah user yang mendapatkannya, dan Action yang tersedia seperti :

Sedangkan untuk pengaturan yang lain hampir sama dengan pengaturan badge pada course.

Mengelola badge sendiri

Anda juga dapat mengelola badge anda sendiri melalui menu Navigation>My profile>My badges. Melalui menu ini anda dapat melihat, mencari dan mendownload badge.

Anda juga dapat mencari Badge melalui Website lain dengan mengeklik “Connect to a Backpack”, dan anda akan dihubungkan pada website http://backpack.openbadges.org. Selanjutnya anda dapat login/sign up menggunakan email anda.

Badge yang telah anda miliki dapat ditampilkan pada “Badges” di block Administration (Administration>Site administration>Badges).

Inilah sekilas tentang fitur baru Badge pada Moodle 2.5. Mudah2an bermanfaat 😀

Referensi : http://docs.moodle.org , http://demo.moodle.net