Kemarin, stuff adalah hari terakhir pelatihan/workshop pembuatan bahan ajar dan ujian berbasis ICT di SMA Darul Ulum 2 Jombang.  Berdasarkan jadwal yang sudah kami rangkai sebelumnya, click hari itu adalah praktek mandiri oleh guru. Jadi, capsule Tugas kami adalah mendampingi bapak/ibu guru dalam mengerjakan semua project2nya.
Namun, menghadapi para guru yang begitu bersemangat dan antusias mengikuti Pelatihan ini, membuat saya dan pak Fajar tidak rela menyia-nyiakan waktu 4,5 jam hanya untuk mendampingi mereka.
Akhirnya, setelah disepakati bersama dengan peserta, kami sepakat memberi materi tambahan (yang tidak tercantum pada kontrak semula 🙂 ), dengan memberikan berbagai macam alternatif pilihan kuis yang bisa mereka gunakan untuk pembelajaran interaktif di kelas.


Pembuatan Kuis Interaktif dengan memanfaatkan aplikasi Mouse Mischief (baca tulisan saya Presentasi Interaktif dengan Mouse Mischief), menjadi pilihan kami.

Mouse mischief adalah suatu add-in Ms Powerpoint 2007/2010 yang memanfaatkan teknologi multipoint yang memungkinkan satu buah komputer dapat terkoneksi dengan banyak mouse, sehingga akan lebih banyak pengguna yang dapat mengakses satu komputer.
Biasanya, satu komputer dihubungkan dengan USB Hub (untuk mouse USB), atau dengan memanfaatkan mouse wireless.
Sehingga memungkinkan para guru membuat presentasi yang sangat interaktif dan bisa melibatkan audience atau siswa pada saat presentasi.

Sebagai contoh, 5 hingga 25 siswa, dapat  menggunakan mouse pada satu laptop guru, dan memilih suatu soal multiple choice atau menggambar bersama-sama.


Suasana menjadi Ger-geran, ketika kami mulai memperagakan penggunaan mouse mischief tersebut. Tentu kami bisa membayangkan, ketika bapak/ibu guru menggunakan aplikasi kuis powerpoint tersebut di kelas sebagai sarana untuk menguji keterserapan materi yang sudah diberikan. Pastilah Seru!!


Selanjutnya, kami tidak membiarkan bpk/ibu guru hanya bisa mengoperasikan kuis, tetapi mereka harus bisa membuat kuisnya.

Maka, pak Fajar pun menjelaskan cara membuat kuis interaktif menggunakan Add Ins tersebut. 30 menit, kami memberi kesempatan bpk/ibu guru untuk menguji kuisnya and they did it!!
Jenis kuis lain yang kami tawarkan, adalah membuat kuis dengan memanfaatkan Animasi Trigger (Baca Tulisan saya Kuis Interaktif dengan Animation Trigger)

Selanjutnya, kami juga mengenalkan pembuatan bahan ajar dan ujian yang berbasis Weblog. Materi ini hanya kami berikan secara sekilas saja, karena memang tujuan kami hanya untuk mengenalkan kepada mereka jenis bahan ajar dan uji yang berbasis web termasuk bagaimana pemanfaatan E-learning sekolah sebagai media pembelajaran berbasis Web.
Yah, mudah-mudahan sedikit materi dan motivasi yang kami berikan kepada bpk/ibu guru SMA Darul Ulum 2 Jombang dapat membangkitkan energi positif yang bisa kita pancarkan kepada anak-anak kita supaya menjadi generasi penerus yang cakap, tangguh, berkarakter dan berakhlakul karimah serta bertaqwa kepada Allah SWT. Amin
Selamat bekerja dan berkreasi bapak/ibu guru SMA Darul Ulum 2 Jombang…  See you Next time.. 😉