Mengisi liburan ini, this web saya mendapat tugas dari SEAMOLEC untuk memberi materi pada Workshop Pengembangan Model INSERT/ADVANCE dan Kolaborasi Pembelajaran di Kota Malang, tepatnya di SMKN 4 Malang. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 27 s.d 28 Desember 2012 dan diikuti oleh lebih dari 100 orang, dari perwakilan Guru IT, Fisika dan Bahasa Inggris, serta Siswa SMK/SMA se Kab Malang.

Workshop di Kota Malang ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh SEAMOLEC, yang bekerja sama dengan sekolah-sekolah di Kabupaten/Kota, yang serentak dilaksanakan di lebih dari 14 lokasi, diantaranya adalah :

  • Kab. Cianjur
  • Kota Kediri
  • Kab. Majalengka
  • Kab. Sidoarjo
  • Kab. Cirebon
  • Kota Blitar
  • Kota Solo
  • Kota Yogjakarta
  • Jakarta Selatan
  • Kota Malang
  • Kab Bandung
  • Kota Semarang
  • Kab Lombok Barat
  • Kota Bandung / Jawa Barat

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan Model Pendidikan Jarak Jauh dan Kolaborasi Pembelajaran Insert/Advance Sinergi ekskul SLTA dan Diploma 1,2 (Creative camp, Seamless). Perlu diketahui, bahwa saat ini Seamolec mengembangkan model pendidikan yang memberi kesempatan pada siswa SMA/SMK/MA untuk mengambil beberapa mata kuliah (2-4 SKS) pada perguruan tinggi yang terpilih, yang dijalankan melalui program ekstrakurikuler (ekskul).

Mengawali kegiatan ini, perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Malang membuka acara Workshop Pengembangan Model INSERT/ADVANCE dan Kolaborasi Pembelajaran ini.

Dilanjutkan penjelasan tentang Model PJJ dan Kolaborasi Pembelajaran oleh Bpk Gatot Hari Priowirjanto selaku Direktur Seamolec. Melalui Video, Bapak Gatot Hari Priowirjanto menjelaskan tentang Tujuan pengembangan Model PJJ dan Kolaborasi Pembelajaran, strategi kolaborasi antar jenjang SLTA-PT, serta Tool dan sistem yang digunakan untuk mendukung Kolaborasi pembelajaran ini.

Penjelasan Model PJJ oleh pak GHP Seamolec

Menyambung paparan dari Bpk Gatot Hari Priowirjanto, Bpk Dwi selaku Dosen Poltekom Malang mengenalkan Program Modeling Ekstrakurikuler PJJ yang ditawarkan oleh Poltekom Malang, yang mendapatkan beragam tanggapan dari para guru peserta Workshop.

Poltekom Malang menawarkan 2 Mata Kuliah yang akan diekskulkan (Insert/Advance), yaitu Algoritma Pemrograman dan Dasar Pemrograman, yang merupakan salah satu Mata Kuliah pada D1-Manajemen Informatika untuk program Pendidikan Vokasi Berkelanjutan (PVB).

Setelah break sebentar untuk menikmati snack yang telah disiapkan oleh panitia, memasuki sesi selanjutnya (Sesi saya 🙂 )
Sesi penyampaian materi tool dan sistem kolaborasi bahan ajar dengan menggunakan Edmodo serta Pembuatan digital e-book untuk Pembelajaran. Sesi ini merupakan sesi utama untuk kegiatan hari pertama ini.

Meski diwarnai dengan koneksi internet yang tidak begitu stabil, namun peserta sangat bersemangat mempelajari system ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan dari para siswa dan guru tentang penerapan kelas dan kuis pada Edmodo.

Setelah break ishoma, dilanjutkan dengan sesi Pembuatan EBook menggunakan Calibre Ebook, yang menutup pertemuan hari pertama…

Pada hari ke-2, waktu pelaksanaaan workshop yang semula dimulai pukul 09.00, untuk hari ini dimajukan lebih awal menjadi pukul 08.00 WIB. Materi hari ke-2, peserta dipandu oleh Saudari Sukeipah Yuli Prihatin untuk mengeksplor penggunaan media Skype, Google + hangout, dan Big Blue Button (BBB) sebagai media pembelajaran berupa video conference.

Pada hari ke-2 ini acara berlangsung tidak begitu mulus dikarenakan terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba. Sehingga acara dilanjutkan dengan sesi dialog antara nara sumber dengan peserta workshop.

Meski begitu, antusias dan tekad peserta untuk mengaplikasikan dan mengembangkan media pembelajaran ini di sekolah masing-masing membuat panitia dan narasumber bersyukur karena materi tersampaikan dengan baik.

Mudah-mudahan dengan menggunakan media kolaborasi bahan ajar yang telah dishare kepada semua peserta workshop, kita bisa tetap menjalin komunikasi dan berbagi media ajar untuk meningkatkan efektifitas dan kualitas pembelajaran kita. Amin..

Saya ucapkan terima kasih kepada :