Kodrat seorang wanita, adalah sebagai konduktor (kernet) seorang suami dalam menjalankan roda kepemimpinan Rumah tangganya.

Keutuhan pondasi rumah tangga terletak pada bagaimana seorang istri memandu dan mengarahkan sopir melintasi kelok-kelok’an  jalan yang berliku yang sedang dilaluinya. Sehingga suami (sopir) bisa mengemudikan rumah tangga dengan tenang, semua penumpang yang ada di dalamnya bisa menikmati perjalanannya dan sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Begitu besar tugas dan tanggung jawab seorang istri, sehingga sebagian besar waktunya tersita untuk mendidik / merawat putra-putri dan melayani suami.

Dan… Sebagai istri, sudahkah kita menjalankan tugas dan tanggung jawab kepada anak dan suami kita dengan baik??

Nah, Mumpung sekarang adalah hari Minggu (hari libur), semua keluarga berkumpul.. Marilah kita intropsteksi diri, sejenak menengok keadaan rumah tangga kita, menghabiskan waktu bersama orang2 tercinta.. 😉

Kembali ke topik 🙂

Mengupload Media

Yang dimaksud media dalam WordPress adalah Gambar (images), video, recordings, dan file yang bisa anda upload dan gunakan (sisipkan) pada blog wordpress anda.

Media bisa berupa file dokumen berformat .doc, .pptx, .xlsx atau file gambar berformat .jpg, .gif, .png atau file video / flash berformat .avi, .swf dan seterusnya.

Media-media di atas hanya bisa ditampilkan pada Page (halaman) atau postingan setelah media tersebut diupload ke dalam server selanjutnya anda akan mendapatkan alamat file media tersebut berupa File URL.

Setelah itu anda bisa menggunakan Alamat File URL tersebut untuk kepeluan lain, seperti membuat Link (Hyperlink) atau menampilkannya secara langsung pada Page atau Postingan anda.

Berikut cara mengupload media :

  1. Klik Media > Add New
  2. Klik Browse  (jika anda menggunakan Browser uploader) /Select files (jika anda menggunakan New uploader) dan pilih file / media yang akan diupload dan Klik Open.
  3. Klik Upload  (jika anda menggunakan Browser uploader). Maka media yang anda upload akan tampil pada Media Library WordPress anda.

4. Untuk mengetahui alamat URL dari media yang ada, kliklah pada judul media dan gulung halaman ke bawah dan berhenti pada File URL :

File URL yang anda dapat bisa anda gunakan untuk membuat Link (Hyperlink) atau menampilkannya secara langsung pada Page atau Postingan anda.

Untuk mengedit/menghapus Media yang ada, anda tinggal mengeklik tombol Edit/Delete Permanently pada daftar Media Library di bawah Media yang akan dihapus/edit.

Mudah kan? Selamat mencoba 🙂