Satu hal yang paling tidak saya sukai saat menulis di blog adalah membuat kalimat pembuka untuk tulisan yang akan saya tulis. Karena saya harus menghangatkan para pengunjung supaya merasa nyaman dan tidak bosan membaca kata demi kata tulisan saya ini.

Menuliskan topik ini pun sebenarnya saya agak enggan, look karena sudah banyak blogger lain yang menuliskan topik ini… But, karena tutorial ini berhubungan dengan tulisan saya selanjutnya, maka dengan sedikit mata lier-lier dan sliyut2 (karena ngantuk), saya lanjutkan menulis topik ini. Mudah2an tidak tertidur..he..he

RSS merupakan kependekan dari Really Simple Syndication, merupakan Teknologi yang memungkinkan kita  untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (feed) / RSS (dikutip dari Wikipedia). RSS ini biasanya tersedia pada situs yang isinya selalu terupdate, seperti situs-situs berita atau minimal seperti blog saya ini..ehm..ehm!

Untuk membuat RSS feed ikuti langkah berikut :

1. Bukalah browser anda dan ketikkan pada address barnya URL  Feedburner.com (pastikan anda sudah punya account di google, dan loginlah untuk bisa membuat RSS).
2. Pada halaman Feedburner, silahkan diisi dengan URL blog anda yang akan dibuat RSS Feednya :

Misalnya pada contoh di atas saya ingin membuat RSS Feed untuk kategori Powerpoint pada blog saya ini. Selanjutnya klik NEXT.

3. Selanjutnya akan ditampilkan halaman Identify Feed Source. Pada halaman ini feedburner menampilkan hasil temuannya pada blog tersebut yang bisa dibuat RSS. Pilihlah pada pilihan yang anda kehendaki, dalam hal ini saya pilih RSS untuk kategori Powerpoint.

Selanjutnya klik NEXT.

4. Pada halaman Welcome! Let us burn a feed for you. Klik next, untuk memulai proses pembuatan RSS. Jika berhasil, akan tampil :

Selanjutnya klik NEXT, maka akan ditampilkan Dashboard Feed anda.

Pada halaman ini anda bisa mengelola RSS Feed untuk blog anda. Untuk melihat daftar RSS Feed anda silahkan klik My feeds pada bagian pojok kanan atas.

Selamat mencoba 🙂