Innalillahi…!!“, information pills Ucapku spontan diikuti dengan suara teriakan para penumpang lain yang terkejut saat bus yang saya naiki mendadak berhenti. Ternyata pada baris di depan bus, this sebuah mikrolet mendadak berhenti untuk menurunkan seorang penumpangnya…hmm!

Untuk kesekian kalinya Bus Mira membawa saya menuju ke tempat tujuan. Kali ini saya menuju ke kota di bagian paling barat di Propinsi Jawa Timur, yaitu Kota Ngawi.

Tidak banyak yang saya ketahui tentang kota ini, kecuali Kota ini telah membawa kenangan saya ke 22 tahun yang lalu, saat belajar Teori Evolusi di bangku Madrasah Tsanawiyah. Saat itu untuk pertama kalinya saya diperkenalkan oleh Guru Sejarah tentang Jaman Pra Sejarah… dan di kota ini-lah  rangka (fosil) manusia purba pertama (di luar eropa) ditemukan di Indonesia, yaitu tepatnya di Trinil Jawa Tengah, oleh seorang ahli anatomi bernama Eugène Dubois pada tahun 1891.

Namun, kedatangan saya di kota ini, tentu tidak akan melakukan napak tilas sejarah perjuangan Pithecanthropus erectus dan kawan-kawannya 😀  Tujuan utama saya ke kota  ini adalah untuk berkumpul dengan teman-teman MGMP Teknik Pemesinan Kab. Ngawi pada  acara “Workshop E-Learning” yang diadakan oleh MGMP Teknik Pemesinan Kab. Ngawi, dan bertempat di SMK Negeri 1 Geneng, Ngawi, Hari Rabu, 10 Oktober 2012, kemarin.

Berkumpul dengan teman-teman guru SMK Jurusan Teknik Pemesinan yang bersemangat untuk memanfaatkan dan meng-upgrade metode pembelajarannya menggunakan ICT melalui diklat E-Learning, membuat saya terharu… Di tengah segala kesibukan mereka sebagai guru yang sedang melaksanakan UTS, mereka masih bersemangat untuk meng-upgrade ilmu mereka di bidang ICT.

Kegiatan Pemberdayaan dan peningkatan SDM di bidang ICT ini merupakan agenda tahunan yang diadakan kelompok MGMP bidang Teknologi Rekayasa dan TI, binaan P4TK / VEDC Malang, dan merupakan wujud dari pemanfaatan Dana Blockgrant MGMP untuk peningkatan mutu dan kompetensi guru.

Workshop Pemanfaatan E-learning ini menjadi agenda terakhir, setelah Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Pelatihan Kompetensi CAD/CAM, yang telah dilaksanakan pada minggu sebelumnya.

Mengaplikasikan E-Learning Moodle secara Online, membuat 6 jam berlalu tanpa terasa… Semangat para guru dan suasana kekeluargaan yang kental, membuat saya sedikit enggan beranjak dari kota ini.

Namun, Keberhasilan peserta dalam membuat E-Learning Moodle secara online untuk kelompok MGMP masing-masing, membuat saya secara pribadi merasa senang dan bersyukur, serta berharap bisa me-revolusi metode pembelajaran lama, yang selama ini kita terapkan, menjadi yang metode pembelajaran modern, yang berbasis E-Learning.

Maka bagian terakhir dari kegiatan ini adalah seperti biasa… pada setiap kegiatan Workshop E-Learning yang saya ikuti,  masing-masing peserta perwakilan sekolah berhak mendapatkan Buku Moodle gratis dari saya.. 😀

Akhirnya, setelah semua kegiatan berakhir, bayangan keluarga kecil sayapun menarik saya untuk secepatnya segera kembali ke Kota Jombang.   Dan saat magrib tiba… Saya sudah berkumpul kembali bersama keluarga tercinta.

Terima kasih, Bpk. Ali Ridlo (selaku ketua MGMP Teknik Pemesinan Ngawi) dan Bpk. Hoiri Efendi ( SMK PGRI 1 Ngawi). Mudah-mudahan semua niat dan amal baik kita diterima oleh-Nya dan membawa manfaat bagi kita semua. Amin.