Biar lambat asal selamat.. Berhati-hatilah di Jalan.. Berdoalah sebelum berangkat..

Dan masih banyak lagi kalimat-kalimat nasehat yang seharusnya benar-benar dicamkan di otak semua pengemudi bus maupun mobil/motor, more about terutama para pengemudi Bus sumber kencono/Sumber selamat.

Meski telah berganti nama Menjadi Sumber Selamat, more about dengan harapan tidak terjadi lagi kecelakaan, tidak lantas membuat Bus ini jauh dari mala petaka. Buktinya kemarin, Minggu, 1 Januari 2012, Bus ini mengalami kecelakaan kembali dengan terbaliknya bus  di Jalan Raya Madiun-Surabaya dan mengakibatkan enam penumpang tewas serta belasan lainnya luka-luka.

Mendengar berita kecelakaan ini, mengingatkan saya akan kecelakaan yang terjadi Dini hari Senin, 29 September 2011 yang lalu yang menewaskan 20 orang. Disamping  76 kasus kecelakaan lain yang melibatkan Sumber Kencono antara 2009 hingga 2011.

Kecelakaan ini tentunya tidak terlepas dari pihak PO Bus yang menarget sopir bus tersebut untuk melakukan setoran dengan besaran tertentu, sehingga banyak sopir yang mengendarai armadanya secara ngebut dan cenderung ugal-ugalan serta mengangkut penumpang melebihi batas.

Kekurang hati-hatian dan ketidakwaspadaan para pengemudi ketika mengemudikan bus-nya, juga sangat mempengaruhi keselamatan bus dan para penumpangnya. Para pengemudi seharusnya berhati-hati dalam mengemudikan bus-nya dengan menjaga jarak antar kendaraan. Memastikan bahwa rem bekerja bagus dan tidak blong, dan yang paling penting adalah selalu berdoa ketika mengemudikan bus-nya.

Harapan untuk tidak terjadi lagi kecelakaan, hanya tinggal harapan jika tidak ada niat baik dari pihak PO dan para sopir bus itu sendiri.

Maka selain sanksi hukum yang diberikan pada pengemudi Bus, sudah sepatutnya ijin trayek Bus Sumber kencono ini dicabut, supaya pihak PO tersebut bisa berintrospeksi dan memperbaiki sistem perusahaannya termasuk para pengemudinya. Sehingga raport merah yang sudah dimiliki PO bus Sumber kencono ini menjadi hilang dan menjadi sarana transportasi yang nyaman dan aman. Bukan malah menjadi mesin pembunuh rakyat.. 🙁

Referensi : antaranews.com