Kunjungan ke ILW

Pada pelaksanaan pelatihan IT Networking System dan E-Learning, hari Rabu selalu menjadi hari yang ditunggu-tunggu. Karena pada hari Rabu kami dijadwalkan untuk menjalani kegiatan field-trip alias berkunjung ke perusahaan-perusahaan yang menjadi partner magang siswa-siswa Berufliche Schulen Groß-Gerau, Jerman. Kegiatan field-trip ini tujuannya supaya kami dapat melihat secara langsung penerapan dual system vocational education and training (VET) di Jerman.

Bersama Mr. Kremer Mengunjungi Perusahaan Franz Bangert

Terhitung sudah dua kali ini kami mengunjungi setidaknya perusahaan sejak kedatangan kami, 3 minggu yang lalu. Perusahaan-perusahaan tersebut adalah Franz Bangert, GrawiTech dan ILW (Industrie-Institut für Lehre und Weiterbildung) yang berlokasi di Mainz, Jerman.

Kunjungan ke Perusahaan Franz Bangert

Penerapan Dual System di sini dilaksanakan dengan persentase siswa lebih banyak melewati pendidikan dengan magang di perusahaan. Dalam satu minggu, 3 hari (24 JP @8JP) siswa belajar (magang) di perusahaan dan 2 hari (8JP, @4 JP) siswa belajar di sekolah.

Kurikulum dibuat bersama antara sekolah dengan perusahaan yang menjadi partnernya, sehingga tidak ada ketimpangan antara kompetensi siswa dan kebutuhan industri.

Kunjungan Ke ILW

Tidak banyak materi pelajaran yang dipelajari, selain materi yang berkaitan dengan kompetensi keahliannya. Setidaknya terdapat 8 JP untuk materi yang berkaitan dengan program keahlian dan 4 JP materi yang berkaitan dengan Bahasa (German/Foreign language), politics/Economy, Religion/Ethics dan Sports

Pada saat magang, siswa mendapatkan kontrak magang dari perusahaan dan dibimbing oleh teknisi ahli dari perusahaan tersebut. Mereka juga diperlakukan seperti karyawan dan mendapat upah/gaji sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Bersama siswa magang di ILW

Setelah selesai magang mereka akan menjalani ujian akhir yang terdiri atas ujian tulis, praktik dan tes seputar kondisi ekonomi dan politik. Ujian akhir dan ijazah (Sertifikasi Kompetensi) yang diperoleh siswa dikeluarkan oleh Dewan Industri dan Perdagangan (Chamber of Industry and Commerce/IHK).

Salah satu kekuatan Dual system VET di Jerman ini adalah adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan perusahaan (pelaku industri) 

Bersama siswa magang di ILW