Alhamdulillah, tiba saatnya saya harus meninggalkan Jerman untuk kembali ke tanah air, Indonesia.

Bersiap meninggalkan Guesthouse

Dan setelah melalui berbagai tahapan keberangkatan di Bandara Frankfurt, akhirnya.. Senin 9 Desember 2019 kami mendarat di Bandara International Soekarno Hatta dengan selamat.

Bersiap Check in di Bandara Frankfurt

Banyak cerita suka duka yang menyertai kepulangan kami, mulai dari Frankfurt Airport sampai CGK. Mulai dari bongkar koper (berisi oleh-oleh cokelat) sampai keputusan berat harus meninggalkan koper dan seluruh isinya karena overweight (>7 kg). Ditambah barang-barang berharga yang kami kirim melalui ekspedisi termasuk peralatan praktik Jaringan Komputer yang telah diberikan pihak HLFT (penyelenggara training) kepada kami (melalui P4TK). Semuanya sampai saya menunggu proses boarding di CGK ini, belum bisa dikeluarkan karena masalah administrasi yang agak pelik.

Menunggu waktu check in

Terpaksa kami semua pulang tanpa oleh-oleh yang sebelumnya sudah kami beli dengan kalap saat di Jerman, berharap bisa memberi kenang-kenangan buat teman-teman dan keluarga. Sungguh kepulangan ini membawa kebahagiaan, namun juga duka yang amat mendalam karena tidak bisa memberikan kenang-kenangan sekedar souvenir, dari Jerman!!

Penyambutan oleh Ibu Direktur GTK

Namun percayalah bahwa kami akan memberikan semua pengabdian dan ilmu yang kami peroleh selama di Jerman kepada teman-teman dan semua siswa kami. Mungkin ini oleh-oleh yang tidak akan habis dan hilang oleh aturan-aturan yang terkadang membuat tidak nyaman ?

Kegiatan pembuatan laporan dan Modul PKP

Tuntas sudah seluruh rangkaian pelatihan IT-Networking System dan E-Learning yang ditugaskan kepada kami, setelah kami melaporkan dalam bentuk laporan harian, mingguan, laporan individu, kelompok, Rencana Tindak Lanjut (RTL) dan menuliskan hampir semua materi yang kami peroleh dalam bentuk Modul PKP. Semua kami kerjakan secara bertahap saat sedang menempuh pelatihan dan kami rampungkan selama 3 hari di Hotel Manhattan Jakarta, segera setelah kami landing.

Kegiatan pembuatan laporan dan Modul PKP

Saatnya kami pulang ke kampung, kembali ke dalam pelukan hangat keluarga. Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah memberikan kesempatan berharga ini. Semoga semua pengalaman dan ilmu yang kami peroleh menjadi berkah dan bermanfaat untuk semua. Aamiin Ya Rabbal Aalamiin..

Formasi lengkap saat mendarat Bandara Soekarno Hatta