Setelah melalui beberapa proses yang berliku dan tidak mudah, approved akhirnya saya bisa berdiri untuk memberikan materi perkuliahan di hadapan sekitar 34 Mahasiswa D1 Pendidikan Vokasi Berkelanjutan (PVB) di Sub Kampus SMKN 3 Jombang.

Saya katakan tidak mudah, seek bagi SMKN 3 Jombang, karena untuk menjadi Sub Kampus D1 PVB, Sekolah haruslah memenuhi beberapa kriteria, diantaranya harus merupakan SMK yg terbaik, atau RSBI/SBI, dan juga mempunyai peralatan memadai, yg disetujui oleh kampus utama, diknas kabupaten, propinsi dan SEAMOLEC (untuk pemanfaatan Pendidikan Jarak Jauh).

Dan meski sudah sejak 1 tahun yang lalu SMKN 3 Jombang menjalin kerja sama dengan PENS ITS dan Poltek Negeri Malang (Polinema) – sebagai Kampus Utama untuk D1 PVB, namun baru tahun 2012 ini perkuliahan bisa dilaksanakan.

Dan Tanggal 1 Oktober 2012 kemarin adalah hari dimulainya perkuliahan.

PVB D1 ini sebenarnya bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada lulusan SMK/MAK yang ingin melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi Negeri, namun dalam kenyataannya, selain diminati oleh lulusan SMK, D1 PVB  juga banyak diminati oleh Lulusan SMA/MA.

Bahkan sebagian besar mahasiswa Multimedia D1 PVB Jurusan Multimedia Sub Kampus SMKN 3 Jombang Tahun 2012 ini berasal dari lulusan SMA.

Mahasiswa D1 PVB Sub Kampus SMKN 3 Jombang ini juga mendapatkan beasiswa kuliah dari Seamolec selama masa kuliah, sehingga mahasiswa tidak dipungut biaya SPP sedikitpun.

Waktu perkuliahan yang dilaksanakan sore hari, mulai pukul 13.30, membuat para mahasiswa yang sudah bekerja, tidak kehilangan waktu bekerjanya. Apalagi  dengan penerapan model kombinasi pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh menggunakan e-learning dan tatap muka, rasanya mahasiswa tidak akan kehilangan banyak waktu, biaya dan tenaga untuk menjalani perkuliahan ini.

Jadi … Ayo kuliah di D1 Pendidikan Vokasi BerkelanjutanBekerja sambil kuliah, eh..tahu-tahu sarjana deh…. 😉