Akhir bulai Mei ini, SEAMOLEC mulai melakukan sosialisasi konten Simulasi digital yang telah disusun sebelumnya (bc. Kurikulum SMK dan Kebutuhan Industri dan Simulasi Digital sebagai Pengembangan KKPI SMK ) kepada Sekolah dan Dinas Pendidikan di Kota Jogjakarta dan Jawa Timur.

Saat ini, sosialisasi dilakukan di daerah Jawa Timur, yaitu di Kota Surabaya dan bertempat di Hotel JW Marriott.

Selama 3 hari (27-29 Mei 2013), sekitar 50 orang dari Perwakilan Akademi Komunitas, SMK/SMA, Politekni dan Dinas Pendidikan Se-Jawa Timur serta beberapa daerah di luar Jawa, seperti Perwakilan Disdik Provinsi Kalimantan Selatan, Disdik Prov. Bali, Disdik Papua, NTT, Gorontalo dst, berkumpul bersama untuk mengupas tuntas konten dari Simulasi Digital, sebelum disosialisasikan ke kabupaten/kota.

Membuka acara ini, Perwakilan dari Kanwil Provinsi Jawa Timur yang dilanjutkan dengan presentasi oleh Direktur Seamolec Bpk. Hari Priowirjanto tentang SIMULASI DIGITAL yang mendemonstrasikan secara visual semua konten SIMULASI DIGITAL.

Sesi malam, Ibu Nina Pramono, selaku Direktur Eksekutif Pertamina Foundation, memberikan presentasi tentang Pertamina Foundation dan Program Beasiswa Sobat Bumi dan beberapa program Pertamina lainnya yang mendukung pendidikan berbasis lingkungan, seperti ?sekolah sobat bumi, gerakan 100 juta pohon, dan pertamina soccer school. Kemudian dilakukan diskusi tentang materi yang telah disampaikan.

Hari ke-2, seharian penuh, penyampaian materi Simulasi Digital, yaitu Pembelajaran Kolaboratif, Pembuatan Digital Book, Simulasi Visual, Pengembangan Android, Web Conference, menggunakan BigBlueButton dan Sea Cyber Class oleh Tim Seamolec.

Bapak Direktur PSMK, Anang Tjahjono memberikan penjelasan tentang pengembangan kurikulum SMK (Simulasi Digital) yang saat ini sedang disosialisasikan, dan penjelasan tentang pengembangan e-edukasi di SMK.

Dalam paparannya, beliau menjelaskan bahwa saat ini kita wajib mendorong proses belajar mengajar yang berkualitas untuk siswa/i kita, agar ada jaminan kualitas pada setiap lulusannya. Beliau juga menyampaikan bawa perlu adanya SMK sebagai Pusat Pengembangan di setiap Kota/Kab yang dibina secara kolaboratif, Kemendikbud, PT, Idustri, Institusi Lain terkait. Presentasi dari Direktur PSMK bisa di download di sini.

Diskusi bersama Bpk Gatot Hari Prijowirjanto tentang Action Plan sosialisasi Simulasi Digital di setiap kabupaten/kota, menjadi penutup acara ini, di hari ke-3. Presentasi dari masing-masing perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten / kota tentang rencana yang akan dilakukan dalam rangka sosialisasi Simulasi Digital di daerahnya.

Komunikasi dengan setiap peserta dari masing-masing kabupaten/kota tetap akan terjalin dalam komunitas/grup Kolaborasi Jawa Timur Intim yang sudah terbentuk.

Selamat kembali ke daerah masing-masing… semoga selamat sampai tujuan 🙂 Amiiiiiinnnn….