Jika anda adalah pengguna setia Moodle, medicine saat ini terdapat beberapa fitur baru yang melengkapi versi terbarunya, tadalafil yaitu Moodle 2.5, more about yang menambah performa, kualitas dan kenyamanan pengguna e-learning berbasis open source ini. Di fitur baru moodle tersebut adalah :

Fitur baru untuk Teacher dan Student :

1. Badges (Lencana) : Seperti halnya pada Edmodo, kini moodle menyediakan badge untuk memberikan penghargaan kepada siswa yang telah menyelesaikan course/activity(berdasarkan kriteria yang telah dipilih) dengan baik.

2. Tampilan Form yang Lebih Pendek : Tidak seperti versi sebelumnya, tampilan form yang digunakan untuk melakukan setting terhadap fitur, resource, aktivitas dan seterusnya tersedia jauh lebih pendek. Beberapa form pengaturan yang bersifat optional secara default tidak dimunculkan. Akan tetapi anda masih tetap dapat memunculkannya jika dibutuhkan.

3. Reports berada pada Administration Block : Sebelumnya, reports berada pada block Settings.

4. “Jump to..” untuk berpindah ke bagian lain secara cepat melalui menu drop down.

5. “Drag and drop” untuk menambahkan media atau teks pada halaman (page) sebuah course. Hal ini sangat memudahkan dan mempercepat user dalam membuat dan mengatur course-nya.

6. Jika anda mempunyai folder untuk menyimpan file-file anda, maka anda dapat menampilkannya pada halaman yang sama atau pada layar yang berbeda.

7. Pengembangan pada pengaturan “Assignments”. Terdapat pengembangan terhadap beberapa pilihan pada Submission dan Feedback, yang memberikan kelonggaran pada siswa ketika mengirimkan tugas.

8. Tampilan Jumlah Kata (Word Count) postingan pada Forum.

9. Tersedia tampilan (template) untuk tipe soal essay yang membuat siswa lebih nyaman dalam menjawab pertanyaan.

Tampilan untuk siswa :

10. Pengembangan pada tampilan block glossary. Saat ini Glossary dapat ditampilkan berdasarkan urutan abjad.

11. Terdapat menu pencarian user berdasarkan “Status”-nya (Enrolment method). Hal ini untuk memudahkan mencari user berdasarkan status tertentu.

Selain beberapa fitur baru di atas, terdapat juga fitur baru moodle 2.5 untuk Administrator, yaitu :

  • Beberapa theme baru yang lebih responsif terhadap layar monitor. Seperti Clean Theme, menggunakan Bootstrap framework yang sangat responsif terhadap screen berdasarkan perangkat yang digunakan. Jika anda menggunakan tablet atau mobile phone, maka block moodle pada theme ini akan tampil pada bagian bawah screen.

Clean theme juga membolehkan anda mengupload logo anda sendiri melalui :

  • Menambah Add-ons / Plugins bisa langsung via Moodle. Jika sebelumnya anda harus mengakses FTP untuk menambahkan plugin pada Moodle plugins directory, maka saat ini anda dapat secara langsung meng-upload dan meng-install dari file .zip melalui moodle.

Jika anda masih menggunakan moodle versi sebelumnya, maka anda perlu meng-upgrade-nya untuk dapat menikmati fitur terbaru moodle 2.5 ini.

Mudah2an bermanfaat ya… 🙂

Referensi : moodle.org