Meski Moodle bisa dibilang TOP-nya Aplikasi E-Learning, decease namun Moodle memiliki fitur yang bisa dibilang tidak begitu menarik, order dibandingkan dengan fitur CMS lain seperti Joomla atau WordPress.

Jadi, healing jika anda tidak pandai memoles dan memodifikasinya, maka tampilan Moodle anda akan terkesan garing, putian dan apa adanya…

Ibarat makan nasi goreng, meski sama-sama enak rasaya, tentu akan berbeda sensasinya saat menyantapnya dari media kertas minyak (bungkusnya), atau dari piring dengan beberapa selada yang mengelilingi piringnya plus acar, tomat dan irisan ayam goreng di atasnya..hmm…

Untuk memoles dan memodifikasi Moodle supaya terlihat lebih Cantik, Profesional dan Terstruktur, Moodle menyediakan beberapa pilihan Block yang bisa anda tampilkan pada Sidebar (Bagian kiri dan kanan halaman Moodle) dan akan ditampilkan pada halaman depan (front page) Moodle anda.

Pemakaian Block ini digunakan untuk memberikan menu-menu pilihan yang akan memudahkan user dalam menuju/melihat aktivitas tertentu.

Beberapa pilihan block yang ada, bisa anda lihat pada gambar di atas.

Berikut cara menambahkan beberapa Menu pilihan pada Block Main Menu.

Main menu adalah Block yang sudah disediakan oleh Moodle dan anda tinggal mengisi item menu di dalamnya seperti contoh di samping. Block Main menu ini biasanya terletak pada bagian kiri atas sidebar Moodle.

1. Loginlah sebagai Administrator dan Klik Turn Editing On pada menu SettingsFront page settings.

2. Selanjutnya pilihlah jenis item yang akan ditampilkan pada Main menu, dengan mengeklik pilihan pada Add a Resource atau Add an Activity.

Misalnya, Jika anda ingin menampilkan bahan ajar, pilih saja Add a Resource > dan pilihlah jenis bahan ajar yang akan ditampilkan (File, Page, Label dst), dan buatlah/upload bahan ajarnya (Baca Mengupload Bahan Ajar Ke Moodle 2.0 (Seri Belajar Moodle -6).

Jika anda ingin menambahkan kuis pada Main menu, pilih saja Add Activity, Quiz dan buatlah kuisnya (Baca MEMBUAT KUIS INTERAKTIF DALAM MOODLE (Seri Belajar Moodle -5).

Jika anda ingin menambahkan Menu Chatting, pilihlah Add an Activity > Chat. Baca MENAMBAHKAN CHATTING DALAM MOODLE (Seri Belajar Moodle -9) dan seterusnya.

3. Menu item yang sudah anda buat akan mengisi/tampil pada Block yang aktif (Main Menu).

Selesai!

Jika anda ingin menambahkan Block yang lain, Misalnya Online Users (untuk menampilkan user yang online), maka Klik saja pada Add a Block > Online users, maka sebuah block berupa Online users akan di tambahkan.

Anda juga bisa mengatur tampilan (posisi) Block pada :

1. Assign Roles : Untuk mengatur siapa saja yang bisa mengakses block tersebut.

2. Hide : Untuk menampilkan/menyembunyikan block

3. Configuration : Untuk mengatur tampilan block (apakah akan ditampilkan pada Frontpage saja, atau seluruh halaman, atau  Frontpage dan beberapa halaman yang sudah ditentukan)

4. Delete : Untuk menghapus block/items

5. Move : Untuk mengatur posisi block (drag dan drop)

Nah, saatnya sekarang mempercantik tampilan Moodle anda..

Selamat mencoba 🙂