Sebelum kita merambah ke bagian Joomla yang lebih dalam lagi (duh! dramatis sekali..he..he), this sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu extension-extension yang terdapat dalam Joomla. Apa itu Extension Joomla? Apa saja Extension dalam Joomla?
Joomla Extension adalah program- program kecil yang bisa ditambahkan ke dalam situs yang gunanya untuk optimalisasi website yang sedang kita bangun.

Setidaknya ada 5 jenis extension dalam Joomla, yaitu Module, Component, Plugin, Template dan Language. Masing-masing Extension tersebut memiliki ciri khas dan fungsi yang berbeda-beda.
1. Module
Merupakan extension yang berfungsi untuk menampilkan informasi dari suatu website. Module biasanya berupa sekat-sekat ruang kecil (atau ada juga yang menamakan sebagai blok) dari halaman website Joomla.
Setiap template memiliki jumlah dan letak modul yang berbeda-beda. Untuk mengetahui letak dan berapa banyak modul yang dipunyai oleh sebuah template Joomla adalah dengan mengetikkan http://nama-domain-anda.com/?tp=1 pada browser Anda. Kata “?tp=1” adalah fungsi untuk mengetahui letak posisi modul dari suatu template sebagai berikut:
Anda bisa memanage modules melalui menu Extensions โ€“ Module Manager.
2. Component
Merupakan extension joomla yang berfungsi menambah fungsionalitas joomla. Contohnya, ketika Anda menginginkan website Anda ada fasilitas buku tamunya, maka Anda harus memasukkan / menginstall component Guest Book ke dalamnya. Dan Component-component tersebut biasanya sudah disediakan oleh Joomla, Anda tinggal menggunakannya dan mengedit sedikit sesuai dengan kebutuhan Anda.
Kontrol Component bisa Anda lakukan melalui menu Component. Contohnya :

3. Plugin
Plugins dipakai untuk menangani event tertentu, misalnya untuk menyisipkan movie ke dalam artikel, menampilkan tooltips dan sebagainya. Nama lain dari plugins adalah Mambots. Plugin akan menyatu dengan komponen atau modul dan biasa digunakan untuk memperkaya format tampilan komponen atau modul untuk spesifikasi fungsi tertentu.
Anda bisa mengatur Extension ini melalui Menu Extension Plug in Manager.

4. Template
Extension ini dipakai untuk mengatur tampilan dari situs yang meliputi desain dan layout-nya. Anda bisa mengaturnya melalui menu Extensions โ€“ Template Manager.

5. Language
Merupakan Extension untuk menginstal mode bahasa yang lain selain default languagenya (Inggris).
Anda bisa mengatur Extension ini melalui Menu Extensions โ€“ Language Manager.

Semua Extension di atas bisa Anda download dari situs resmi Joomla di http://extensions.joomla.org/

Instalasi semua Extension Joomla 1.6.x bisa anda lakukan dengan cara sebagai berikut :

1. Klik menu Extension, Install/Uninstall. Maka akan tampil jendela berikut:

2. Klik Browse, dan pilihlah extension yang akan diinstall (Module, Component, plugin atau language dalam format Zip).
3. Selanjutnya Klik Tombol Upload & Install. Tunggu lah sampai ada konfirmasi instalasi berhasil
Well, Jika Anda masih bingung dengan istilah-istilah di atas, maka Anda harus mempraktekkannya. Maka saya jamin Anda akan mengerti. Sebagai mana filsafat cina :

“Jika Engkau mendengar maka engkau akan lupa, Jika engkau melihat Maka engkau akan ingat, Jika engkau melakukan maka engkau akan mengertiโ€ (Jadi ingat pas Latihan Pra Jabatan..he..he..)