Hai..hai..hai..Ketemu lagi dengan saya..(lebaynya kumat!..). Sekarang ayo kita belajar membuat/menambah atau mengedit Menu di Joomla 1.6..

Hmm, pasti Anda udah tidak asing dengan istilah menu..karena hampir setiap hari saya pastikan Anda selalu berhadapan dengan Menu. Tidak hanya menu makanan, tapi juga menu – menu pakaian. Bagaimana tidak, setiap Anda mau keluar rumah, maka anda akan dihadapkan dengan setumpuk pakaian di lemari yang mana pakaian tersebut harus Anda pilih salah satu untuk anda pakai. Begitu juga ketika anda ke warung kopi, pasti anda akan disodori pilihan-pilihan makanan dan minuman oleh mbok Minah sebelum dia menghidangkan kopi dan makanan pilihan Anda…

Yah, Menu! Ialah pilihan-pilihan yang harus anda pilih, ketika anda berada dalam suatu ruang untuk tujuan tertentu. Begitu juga ketika Anda membuka sebuah website. Tentu banyak pilihan yang disodorkan ke Anda. Kalau anda suka, silahkan dipilih, kalau tidak, tinggal dilewati saja, dan cari yang lain..Bereskan???

Nah, tugas saya kali ini adalah memandu Anda untuk membuat menu-menu pilihan tersebut, tapi bukan menu makanan loh ya..soale terus terang saya tidak bisa masak..(he..he..nggak nyambung, dan nggak penting kalee..). Jadi saya pandu membuat menu pilihan di Joomla saja yooo…

Ketika Anda berkutat di Joomla, maka menu standard tersedia disana adalah sebagai berikut :

  • Main Menu
  • Top Menu
  • User Menu
  • About Joomla Menu

Jika ada menu-menu yang lain, maka itu adalah menu bawaan Template yang anda gunakan. Berikut adalah cara membuat/menambah menu joomla. Kali ini saya akan menambahkan Menu My Profile pada Main Menu yang berisi tentang profil saya. Maka langkah-langkahnya adalah sbb:

  • Anda harus membuat isi untuk Menu My Profile terlebih dahulu. Caranya seperti ketika Anda membuat Artikel yang sudah saya bahas pada bagian yang lalu, membuat artikel di joomla. Kali ini saya sudah buat artikel “tentang saya”.
  • Jika sudah, lanjutkan ke langkah berikut :

1. Seperti biasa Loginlah sebagai Administrator dan Pilih Menu Menus.

2. Aktifkan Menus, Main Menu, Add New Menu Item.

Maka akan muncul tampilan berikut:

Pada pilihan :

Menu item type : Pilihlah jenis isian pada menu tersebut, jika isi menu tersebut hanya  berupa artikel saja, maka pilihlah Single Article pada kotak dialog Select a Menu Item Type, dan pilihlah Artikel yang berisi tentang profile yang sudah Anda buat sebelumnya (dalam hal ini saya buat “tentang saya”)
Menu Title : Isilah dengan Judul menunya, misalnya My Profile atau yang lain.
Alias : Ketikkan nama yang lain dari judul menu
Note : Boleh dikosongkan
LInk : Otomatis akan terisi
State : Published
Access : Public
Menu Location : Main Menu
Parent item : Menu_Item_Root
Target Window : Parent
Default Page : No
Language : All
Template style : Use default

Jika sudah, lihatlah pada bagian kanan jendela :

Select Article : Secara otomatis akan terisi ketika Anda memilih tombol Select, pada Menu Item Type sebelumnya.
Selanjutnya, lakukan penyesuaian pada Article Option, Link Type Options, Page Display Options, Metadata Options dan Module Assignment For this menu item. Kesemuanya sudah saya jelaskan pada bagian sebelumnya di membuat artikel di joomla. Sedangkan yang Module Assignment For this menu item, penjelasannya menyusul ya..sebab saya nggak seberapa memperhatikan bagian ini..soale panjang bangets..Jadi, biasanya saya lewati aja..(males-MODE ON)..he..he.

Wes! Kalau udah semua, klik Save and Close dan lihat lah hasilnya : te..teeeeengggg….

Selamat mencobaaa….