Ibarat membangun sebuah rumah, purchase sebelum anda mulai membangunnya, website anda harus membuat desain terlebih dahulu rumah tersebut, menentukan struktur bangunannya, termasuk perangkat-perangkat yang akan digunakan untuk memenuhi isi rumah tersebut. Sehingga jika suatu saat anda ingin memodifikasi rumah tersebut, anda sudah memahami pada bagian-bagian mana saja yang seharusnya ditambahkan dan dikurangi bahkan dihilangkan.
Memilah-milih template ibarat menentukan desain rumah yang akan dibangun, jika sudah menetapkan pilihan, tahap selanjutnya memodifikasi template tersebut sesuai dengan keinginan kita.
Kali ini saya akan menguraikan sedikit pengalaman saya dalam mengobrak-abrik theme joomla. Meski kadang-kadang menjadi hancur dan harus diinstal lagi joomlanya (biasanya kalau sudah putus asa karena kesalahan dalam mengedit program phpnya..he..he).
Tapi percayalah, Anda akan menjadi lebih pintar ketika anda sering dihadapkan dengan permasalahan-permasalahan dan berusaha mencari solusinya.
Sebelum anda memodifikasi template joomla, sebaiknya anda mengetahui struktur template joomla, sehingga nantinya kita akan mudah mengedit dan mengobrak-abrik template joomla tersebut. Gambar berikut adalah file dan folder yang menjadi struktur CMS Joomla ketika anda sudah mengintalnya.

Berikut adalah hal-hal yang saya lakukan ketika memodifikasi template joomla adalah :

  • Mengganti logo/banner joomla
  • Menginstal module/component yang diperlukan
  • Mengedit Header dan Footer Joomla
  • Menambah dan mengurangi Menu yang ada (Membuat dan Mengedit menu Joomla 1.6)

Baik, sekarang saya mulai dari mengganti logo / banner joomla terlebih dahulu.

1. Bukalah folder Templates (lihat gambar di atas) dan carilah nama folder template Anda. Kali ini saya menggunakan template ol_horbes. Berikut template previewnya.

2. Logo/banner template tersebut terletak pada folder ol_horbes, Header berikut :

Banner tersebut dibuat dari file flash dengan nama file header.swf. Anda bisa membuat file header.swf lagi dan mengisinya dengan gambar-gambar anda. Jika anda belum mahir menggunakan program aplikasi Macromedia Flash. Anda bisa membuatnya dengan Program SwishMax.

Pastikan ukuran gambar sama dengan ukuran gambar aslinya (bisa dilihat dari gambar header1.jpg, atau header2.jpg). Jika sudah jadi banner header.swf nya, letakkan ditempat yang sama dengan file aslinya. Jangan lupa untuk merename file header.swf (yang asli) dengan xheader.swf, supaya anda tidak kehilangan file aslinya. Dan lihatlah hasilnya dengan menekan tombol f5 (Refresh).

3. Selanjutnya memodifikasi / mengubah logo . Logo tersebut terletak pada folder ol_horbes/images/logo.png. Saya edit gambar tersebut dengan program Adobe Photoshop menjadi . Lihatlah hasilnya :

Wes! Sekarang saatnya mengubah Footer templatenya dengan nama kita.

Caranya bukalah file folder index.php di folder /templates/ol_horbes/index.php melalui program Notepad.

Menjadi :

Gantilah teks yang menjadi footer website tersebut dengan teks yang ingin anda tampilkan.

Hugfh..! Ternyata capek juga ya..Loncat sana-loncat sini..Sekarang saatnya ngopi dulu ahh…Jangan lupa pisang gorengnya..Hmmm…