Kali ini saya ingin menulis yang ringan-ringan saja… yaitu menyelesaikan satu tulisan yang judulnya sudah nongkrong lama di daftar Draft postingan saya.. ๐Ÿ˜‰

Yang saya maksud dari Membuat Intro Website/blog adalah membuat tampilan pembuka website/blog kita sebelum masuk ke tampilan utama halaman website/blog kita.

Intro pada Website/blog ini banyak kita jumpai pada Website-website resmi, dosage seperti Instansi pendidikan, case Instansi pemerintahan dan seterusnya sebagai ucapan selamat datang atau ucapan selamat ketika memperingati hari-hari besar tertentu.

Pemanfaatan Intro halaman pembuka ini akan membuat Website/blog anda terkesan lebih elegan dan professional.

Jika anda penasaran, anda bisa melihat contoh intro Website sekolah saya SMKN 3 Jombang :)..

Tentu, anda bisa membuatnya lebih indah dan lebih interaktif dari yang baru saja anda lihat. Cukup mudah membuatnya.

Anda hanya perlu membuat 1 file index.html yang harus anda tempatkan 1 folder dengan file index.php yang sudah ada pada Website/Blog anda. Sehingga ketika nama domain anda dipanggil, dia akan menampilkan file tersebut (http://www.nama-domain-anda/index.html).

File index.html tersebut bisa anda buat melalui Notepad menggunakan perintah-perintah HTML/Javascript/CSS, ataupun menggunakan Program aplikasi Macromedia Dreamweaver/ Macromedia Flash/ Microsoft Frontpage.

Atau silahkan kunjungiย http://www.dynamicdrive.com/ untuk mendapatkan beberapa script animasi dengan cara instant, atau silahkan kunjungi http://flashfortex.com untuk membuat banner animasi online yang bisa anda tempatkan pada file index.html tersebut. Dan desainlah tampilan pembuka Website/Blog (intro)ย  sesuai dengan keinginan anda.

Jika anda mempunyai beberapa Sub domain pada Website/Blog anda, anda bisa memberikan Link pada halaman index.html tersebut.. (Seperti pada contoh di atas), sehingga pengunjung mempunyai banyak pilihan untuk bisa mengeksplor Website/Blog anda.

Satu hal yang paling penting, Jangan lupa untukย  memberikan tautan (link) menuju halaman utama Website/Blog anda menggunakan link tujuan http://nama-domain-anda/index.php

Cara ini bisa anda terapkan baik pada CMS Joomla maupun WordPress anda..

Selamat mencoba ๐Ÿ™‚