Schoolnet di sekolah kami sudah sekitar 1 bulan ini meninggal dunia, sehingga akses internet untuk siswa/i terganggu. Pembelajaran berbasis web yang akan saya lakukan tentu menjadi tidak berjalan mulus. Meski saya masih bisa internetan menggunakan Line Speedy yang khusus diperuntukkan bagi guru. Namun bagaimana dengan siswa???
Maka supaya siswa saya masih bisa mengikuti e-learning saya, maka saya putuskan untuk menge-share koneksi internet dari laptop saya kepada laptop siswa-siswi saya.
Dengan bantuan software Connectify saya dapat dengan mudah membuat jaringan wireless yang aman untuk saling terhubung dan sharing koneksi internet agar koneksi internet di laptop saya bisa dinikmati pula oleh siswa-siswi saya atau teman-teman guru lain yang tidak punya akses ke hotspot sekolah.
Software Connectify ini dapat anda download secara gratis dari situs resminya http://www.connectify.me/. Terdapat 2 versi yaitu yang Lite (Free) dan yang Pro. Kali ini kita akan mencoba membuat laptop menjadi hotspot menggunakan versi lite aja yang mempunyai fitur-fitur sebagai berikut:

  • Software Access Point
  • Share Internet from other WiFi Networks
  • Display Connected Computer/Devices
  • Simple Firewall Controls
  • Share WiFi from 3G/4G Networks (limited)
  • “Scannify” Service Discovery (web only)

Berikut cara membuatnya :
1. Installah program connectivity yang sudah anda download dan jalankan aplikasinya.


2. Isilah nama SSID Hotspot dan Password untuk mengaksesnya. Misalnya, MERO-SPOT(SSID punya saya).
3. Pada bagian Internet pilih tipe koneksi internet yang akan dishare. Karena kebetulan laptop saya koneksi internetnya menggunakan WiFi, maka pada bagian Internet ini saya memilih  Wireless Network Connection.
4. Pada bagian Advanced biarkan saja apa adanya, kemudian klik tombol Start Hotspot untuk memulai membuat laptop menjadi hotspot.
Sekarang laptop saya sudah berubah menjadi hotspot, dan siswa-siswi saya sudah bisa internetan melalui hotspot dari laptop saya, tentu setelah saya beri tahukan passwordnya.. 🙂

Untuk mengetahui siapa aja yang terhubung ke hotspot kita, klik tab Clients.  Maka akan tampil daftar Laptop yang sedang menggunakan hotspot kita.

Mudahkan ? Jika anda ingin menggunakan cara lain (tanpa software), silahkan baca tutorial ini.

Selamat mencoba 🙂