Bagi Anda yang gemar beraktivitas di media sosial (Twitter, Facebook, Google +, Instagram, Flicker, Youtube dan seterusnya), baik untuk berkomunikasi atau mengajar (kultwit), atau ngerumpi (curhat), atau bahkan untuk upload gambar/video, anda dapat mengumpulkan dan menyimpan timeline aktivitas anda tersebut, sebagai dokumentasi atau untuk dishare ke dalam blog atau media lain melalui Storify.

Storify, adalah sebuah layanan (website) yang dapat kita gunakan untuk memilih, memfilter, mengumpulkan dan menyimpan aktivitas kita di media sosial menjadi sebuah headline/topik sehingga mudah untuk dibaca dan dimanfaatkan kembali.

Storify memungkinkan kita untuk menyimpan Tweet-line, Status FB, Instagram, Google +, Youtube, Flicker, bahkan RSS dari website-website kesayangan kita. Dengan demikian, kita bisa mendokumentasikan aktivitas-aktivitas kita maupun headline dari berita/artikel yang menurut kita penting dan bermanfaat.

Sebenarnya kita juga bisa menggunakan Chirpstory untuk melakukan hal yang sama, tetapi saya lebih suka menggunakan Storify, karena disamping fiturnya lebih bagus, media sosial yang didukungnya juga lebih banyak.

Untuk memulai menggunakan Storify, anda harus mendaftar terlebih dahulu di situs resminya, Storify.com. Selanjutnya anda dapat memulai mengoleksi aktivitas anda di media sosial/website kesayangan anda dengan menge-drag dan drop aktivitas/artikel pilihan anda.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Mendaftar-lah terlebih dahulu di Storify.com dengan mengeklik tombol Create a Story. Anda dapat login dengan menggunakan Account Facebook/Twitter anda (Recommended, karena lebih mudah).

2. Jika sudah berhasil login, silahkan klik tombol Create story pada bagian kanan atas.

Dan pada kotak dialog Create a story, pilih Create a public story.

3. Selanjutnya halaman Storify Editor akan ditampilkan. Di sini anda bisa memulai untuk mengoleksi jejak aktivitas anda di media sosial atau mengumpulkan headline berita yang menurut anda menarik.

Keterangan gambar :

a. Resource yang akan dikumpulkan isinya, misalnya resource dari Twitter (pilih salah satu)

b. Topik yang difilter, misalnya #GuraruTalk

c. Headline/Topik yang akan dikumpulkan, misalnya “Diskusi Guraru Talk”

d. Deskrisi tentang topik yang dibahas, misalnya “GuraruTalk edisi 26 Agustus 2013”

4. Anda dapat mulai melakukan drag topik yang diinginkan (frame kanan) dan drop (di frame kiri). Lakukan langkah ini sampai anda mendapatkan semua headline yang anda butuhkan.

5. Simpanlah dengan mengeklik Save pada bagian kanan atas.

6. Pilih Publish, jika anda ingin mem-publish Story anda tersebut di twitter.

Anda bisa melihat beberapa rangkuman topik diskusi #GuraruTalk minggu ini di sini.

Anda juga bisa menampikan Storify anda pada blog atau media lain dengan mengeklik tombol Distribute dan copy-lah kode embednya. Selanjutnya paste (tempelkan) pada page blog anda, seperti berikut :

Dengan menggunakan Storify ini, kita bisa mengumpulkan dan merekam aktivitas pembelajaran yang pernah kita lakukan melalui media sosial, sehingga siswa/i kita bisa mempelajarinya kembali kapanpun jua..he..he…

Mudah ya? Selamat berakhir pekan… mudah2an bermanfaat 😀