Ada banyak plugin bisa kita gunakan untuk menampilkan RSS Feed sebuah blog/situs pada blog kita. Masing-masing plugin tersebut bekerja berdasarkan jenis mesin (CMS) yang disupportnya.

Pilihan lain untuk menampilkan RSS Feed pada blog adalah dengan menggunakan Code RSS Feed. Kelebihan menggunakan Code RSS Feed adalah kita tidak tergantung pada mesin (CMS) tertentu untuk menggunakannya. Kita juga bisa dengan leluasa meng-customize tampilannya sesuai dengan selera kita. Selain itu Code RSS Feed juga bisa menampilkan konten Feed dari Blog/website yang anda pilih, pada bagian manapun, termasuk pada artikel (postingan) anda. Sebagai gambaran, anda bisa lihat hasil penempatan Code RSS Feed pada E-Learning Moodle saya di sini.

Nah, bagaimana cara mendapatkan Embed code untuk RSS Feed situs yang kita kehendaki ?
Pertanyaan bagus.. 😀

Maka, saatnya saya ajak anda jalan-jalan, berkunjung ke Rssinclude.com (Jangan lupa untuk balik ke blog ini lagi ya..sebab anda belum melanjutkan celotehan saia ini… :D)

Rssinclude adalah sebuah situs yang menyediakan fasilitas untuk membuat RSS Reader Widget / RSS Box dengan hasil berupa Code RSS Feed (Javascript/PHP), yang nantinya bisa anda tempelkan pada blog anda. RSSInclude memungkinkan kita untuk membuat widget RSS Feed untuk website / blog / facebook page dengan cara yang cepat, mudah dan dengan Pilihan style tampilan RSS yang lumayan banyak yang disediakan secara Gratis!

Anda tertarik?? silahkan ikuti jejak saya berikut untuk membuatnya :

1. Bukalah browser anda dan ketikkan pada Address bar URL www.rssinclude.com.

2. Klik tombol Create a New RSS feed Widget/box, pilihlah jenis tampilan (Style) content RSS yang diinginkan (Jangan salah pilih ya.. kalau yang gratisan, pilih sebelah kiri, yang sebelah kanan untuk yang berbayar.. 🙂 )

Jika sudah menentukan hati…(koyok lagune Anang-Ashanty), Misalnya Saya pilih Simple Ticker Box, silahkan diklik Create Now.
3. Pada Tab input feeds, isikan dengan URL RSS Feed blog yang akan ditampilkan content-nya. Misalnya, URL RSS Blog saya ini, http://amiroh.web.id/feed atau anda bisa mengeklik tombol/gambar RSS yang terdapat pada blog/situs yang akan anda tempelkan Feednya pada blog anda, untuk mendapatkan Alamat RSS Feednya.

Selanjutnya klik tombol  Add feed dan anda bisa melihat Preview-nya di sebelah kanannya.

4. Pada Tab Content and Styling Option, aturlah tampilan RSS Feed sesuai dengan yang anda kehendaki. Jika sudah selesai mengatur, klik tombol Save and Preview! untuk menyimpan sekaligus melihat tampilan sementara RSS Feed anda buat.

5. Selanjutnya, klik  pada Tab Include! untuk mendapatkan Code RSS Feed anda. Pilihlah jenis code RSS Feed yang anda inginkan, Javascript/PHP/WordPress/iFrame dan seterusnya.

Copylah code RSS Feed yang ada pada kotak di bawahnya.

Code yang sudah anda dapatkan bisa anda sisipkan pada bagian manapun di blog anda dengan cara memastenya pada bagian blog yang anda inginkan, baik di sidebar kiri/kanan atau di postingan anda (dengan cara mengaktifkan Mode HTML) kemudian memastenya di sana. Maka konten RSS Feed dari blog yang sudah anda pilih akan ditampilkan pada blog anda.

Catatan :

Anda juga bisa menggunakan pilihan publicize > BuzzBoost pada Feedburner.com (Baca Membuat RSS FEED di Google #1), untuk mendapatkan Code RSS Feed blog anda. Hanya saja, pada BuzzBoost Feedburner.com tidak banyak pilihan Style yang bisa kita gunakan.

Selamat mencoba, Mudah2an bermanfaat 😀