Bulan April full dengan kegiatan kedinasan, sampai2 tak update blog sama sekali. Dan mengawali Bulan Mei ini, saya ingin melanjutkan tulisan tentang Android. Kali ini, kita lanjut pada bab Splash Screen. Namun sebelum anda meneruskan membaca tulisan saya ini, sebaiknya anda menguasai dasar kegunaan komponen pada App Inventor dan cara menggunakan block pada masing-masing komponen yang digunakan.

Well, mari kita mulai.. Splash Screen adalah screen pertama (screen1) yang tampil  ketika aplikasi dijalankan. Splash screen biasanya berisi teks atau gambar pembuka sebelum konten utama aplikasi dapat dijalankan. Para pengembang android  biasanya memasang splash screen ini untuk mempercantik tampilan aplikasi dengan memberi animasi tertentu yang dijalankan dalam waktu yang ditentukan pula.

Misalnya, saya akan membuat splash screen seperti pada gambar berikut:

        

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Event yang akan diberikan adalah:

Apabila aplikasi dijalankan, maka akan tampil screen1 selama 5 detik, selanjutnya aplikasi menampilkan screen2 secara otomatis.

Untuk membuat splash screen seperti di atas, ikuti langkah berikut:

1. Bukalah sebuah project baru dengan memilih tombol New Project dan berilah nama SplashScreen, atau anda bisa memodifikasi project anda sebelumnya dan memberi event yang dimaksud

2. Buatlah desain screen1  seperti pada gambar berikut:

dan screen2 seperti gambar berikut:

Anda dapat menambahkan sebuah gambar animasi “Loading” pada screen1 dengan mencari gambar animasi loading di google dan mengunggahnya pada screen melalui komponen Image.

3. Tambahkan komponen Clock, untuk mengatur berapa lama waktu yang diperlukan oleh screen1 untuk tampil, sebelum berpindah ke screen berikutnya.

4. Lakukan pengaturan pada properti Clock berikut:

  • TimerAlwaysFires, hilangkan tanda checklist (centang)
  • TimerEnabled, beri tanda checklist (centang)
  • TimerInterval, isikan dengan 1000 (default)

5. Selanjutnya adalah memberi event pada screen1. Saat ini kita akan memberikan sebuah event pada screen1 agar pada hitungan detik ke-5 (misalnya), aplikasi akan membuka screen lainnya secara otomatis.

Untuk memberi event pada komponen Clock, buatlah block seperti pada gambar berikut:

Selesai! Langkah selanjutnya adalah menguji coba project Splash Screen ini dengan menjalankan melalui emulator atau HP android melalui AI Companion/USB (Baca Menguji Coba Project Pada HP Android). Atau, anda bisa menyimpan project ini menjadi file .apk dan memasangnya pada HP android anda (Baca Menyimpan Project App Inventor).

Selamat mencoba 😉