Instalasi AI secara offline penting dilakukan supaya ketika kita ingin membuat sebuah aplikasi android melalui App Inventor, kita tidak perlu harus selalu terkoneksi ke jaringan internet (Baca Memulai App Inventor Versi OnlineMemulai App Inventor Versi Online)

Tulisan saya kali ini akan memandu anda untuk memasang AI secara offline pada laptop/PC anda. Namun, sebelum kita melakukan instalasi, ada beberapa program aplikasi yang perlu disiapkan, yaitu:

  • File JDK 1.7 dan JRE7,  untuk 64 bit dan untuk 32 bit bisa diunduh di sini
  • aiStarter program, bisa diunduh di sini
  • File AI2LiveComplete, bisa diunduh di sini

Nah, setelah file tersebut telah siap, marilah kita mulai instalasinya:

1. Memasang JDK 1.7

Java Development Kit (JDK) pada App Inventor ini sangat berguna saat kita mulai menggunakan Blocks viewer. Ikuti petunjuk instalasinya berikut:

  1. Double klik pada file jdk-7u71-windows-x64.exe (untuk komputer 64 bit) atau jre-7u72-windows-i586.exe (untuk 32 bit). Lakukan instalasi seperti biasa sampai selesai. Jika instalasi berhasil, pada folder c:\program files\java akan terlihat folder berikut:

  1. Selanjutnya lakukan pengaturan pada Evironment variables dengan mengeklik My Computer > Properties. 

  1. Pada kotak dialog System, pilih Advance System Settings. Maka kotak dialog System Properties akan ditampilkan dan pilih Environment variables.

  1. Pada kotak dialog Environment variables, pilih New dan Isikan :
  • Variable name : JAVA_HOME
  • Variable value : Isikan dengan path file di mana jdk.1.7 berada. Misalnya kalau di komputer saya berada di C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_71

  1. Klik OK.

——————————————————————————————-

2. Memasang aiStarter

aiStarter program dibutuhkan ketika anda ingin menggunakan Emulator atau USB cable untuk melakukan uji coba aplikasi yang sedang dibuat. Jika anda hanya menggunakan AI Companion, maka anda tidak perlu menginstal program ini. aiStarter ini berfungsi untuk menghubungkan antara App Inventor yang berjalan di browser dengan perangkat lain, misalnya HP Android atau Emulator. Untuk menginstal aiStarter ikuti langkah berikut:

  1. Double klik file AppInventor_Setup_Installer_v_2_2.exe dan ikuti petunjuk instalasi sampai selesai
  2. Apabila instalasi berhasil, maka shortcut aiStarter akan tampil pada desktop komputer anda, seperti terlihat pada gambar berikut:

Jika anda akan menggunakan Emulator atau USB Cable, maka anda dapat mengaktifkan aiStarter terlebih dahulu dengan mengeklik icon tersebut. Maka akan tampil window seperti pada gambar berikut:

aiStarter akan berjalan apabila anda mencoba untuk menggunakan Emulator/USB Cable, yang ditandai dengan perubahan tampilan pada window aiStarter, seperti pada gambar berikut:

Beberapa kemungkinan permasalahan juga kerap terjadi saat koneksi Emulator. Hal ini kemungkinan disebabkan penggunaan port oleh program aplikasi lain pada komputer anda. Jika hal ini terjadi, anda dapat menggunakan USB Cable untuk melakukan uji coba.

Petunjuk koneksi USB Cable dengan App Inventor akan saya tuliskan pada bagian lain. Sabar ya.. 😀

———————————————————————————–

3. Memasang AI2LiveComplete

Untuk memasang AI2Livecomplete ini anda tidak perlu melakukan instalasi khusus seperti pada program sebelumnya. Anda hanya cukup mengekstrak file AppInventorOffline_02May14.zip yang telah diunduh pada direktori C, seperti terlihat pada gambar berikut:

Berikut ini folder hasil ekstrak file tersebut:

——————————————————————

4. Menjalankan App Inventor Offline

Jika semua program telah terinstal, maka sekarang saatnya kita mulai menjalankan App Inventor offline. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Bukalah Folder AiLiveComplete, dan double klik pada file WinStartAIServer.cmd untuk mulai menjalankan Personal Server App Inventor. Maka akan tampil window “AiLiveComplete App Inventor..

  1. Double klik pada file WinStartBuildServerWithHeap.cmd untuk menjalankan Build Server App Inventor, sehingga anda dapat melakukan compile file project menjadi file .apk

  1. Selanjutnya bukalah browser anda dan ketikkan pada address bar http://localhost:8888. Maka halaman App Inventor akan ditampilkan

  1. Ketikkan alamat email anda. Alamat ini hanya sebagai syarat saja, dan anda dapat menggunakan email selain email dari gmail.com 😀
  2. Klik tombol Login. Maka halaman App Inventor versi offline akan ditampilkan.

Tampilan App Inventor sama persis dengan App Inventor versi online. Anda dapat menggunakannya sama dengan ketika menggunakan versi online.

Selamat mencoba.. 😉

 

Referensi:

https://amerkashi.wordpress.com/2014/05/19/offline18may14/

http://appinventor.mit.edu/explore/ai2/aistarter-help.html

http://appinventor.mit.edu/explore/ai2/windows.html

http://appinventor.mit.edu/explore/test-your-system.html

http://pandugalau.com/tutorial-cara-install-app-inventor-versi-offline-ai2livecomplete/