Jika Anda sudah pernah menggunakan Joomla Versi sebelumnya, information pills baik 1.0 ataupun 1.5, sildenafil maka Anda tidak akan asing dengan penampakan (kayak hantu aja…he..he) atau fitur Joomla 1.6. Meski dilihat dari fiturnya agak berbeda, diagnosis akan tetapi jika Anda sudah mengenal istilah-istilah yang digunakannya, maka Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya.

Nih..dia tampilan Administrator Joomla 1.6 :

Tampilan Control Panel Joomla 1.6

Sekilas terlihat semakin simple dan mudah, dibandingkan versi sebelumnya.

Tampilan Site Menu Administrator :

Membuat Group untuk user lebih mudah

Kalau dulu status user sudah ditentukan oleh Joomla, kita tinggal milih. Maka sekarang kitadapat membuat user group lebih banyak dan mudah beserta hak akses masing2 group / pengelompokan.

Fitur SEO
Satu kelemahan Joomla 1.5! adalah tidak disediakannya pengaturan untuk membuat keyword dan Meta Description pada bagian Section dan Category. Section dan Category mengambil keyword dan Meta Description default dari configuration.php.
Ini mengakibatkan dua kerugian, pertama adalah kelemahan dalam optimasi SEO, kedua adalah adanya duplicate Content yang jelas merugikan dari sisi SEO.
Joomla 1.6! memberikan kesempatan bagi Section dan Category untuk ikut juga merasakan posisi dan ranking SERP yang bagus di Search Engine.

Pengaturan user untuk akses level, lebih mudah

Tidak ada lagi “Section” dalam pengelompokkan

Ini adalah hal yang paling saya suka, sebab saya tidak lagi bingung membedakan section dan category. Terus terang dulu saya paling tidak suka kalau mau buat artikel harus menentukan dulu category dan sectionnya. Apalagi alurnya juga agak ribet.
Tapi sekarang hanya ada Category, sehingga bagi para blogger yang biasa memakai WordPress atau Blogspot juga tidak akan bingung.
Hal ini juga akan mempermudah dan memperpendek halamat suatu artikel, karena hanya artikel yang mengelompokkan. Hanya pembuatan category untuk mengelompokkan.
Redirect component
Dengan penambahan Core Redirect Komponen, Joomla! mendengarkan keluhan para Webmaster yang dipusingkan saat ingin redirect artikel lama ke artikel baru.
Dan ini pernah saya alami sendiri, ketika ingin mengganti satu artikel yang telah diindeks Google maka permasalahan adalah bagaimana me redirect ke artikel baru.
Di Joomla 1.6! permasalahan itu telah teratasi.
Template styles
Jika kita pernah terpana dengan tampilan keren situs berita dimana ia bisa berubah template untuk setiap kategori maka Joomla 1,6 menawarkan fleksibilitas yang sama dengan mengubah tampilan Template dan berganti Template saat runtime.
Untuk urusan Template dan Module, Joomla 1.6! patut diacungi jempol.
Selain itu Joomla 1.6 memperbaiki dukungan Support Multiple Languange dan Translation.
Nah, itulah keunggulan Joomla 1.6. Namun, dibalik semua keunggulan tersebut, ada satu kekurangan yang saya sangat mendasar, yaitu tidak adanya dukungan upgrade dari Joomla 1.5 ke Joomla 1.6.
Meskipun ada Component yang menawarkan kemampuan itu, tingkat kegagalannya masih sangat tinggi apalagi situs yang ingin diupgrade telah mempunyai banyak artikel.
Karena itu bagi yang sudah terlanjur menggunakan Joomlah 1.5 apalagi 1.0, maka yang bisa dilakukan hanyalah menonton dan menelan ludah, terkecuali bagi Anda yang menguasai php dan mysql, customisasi bisa dilakukan sendiri.