Berhubung Gender saya adalah perempuan, maka saya memberi judul tulisan saya kali ini dengan kata ‘mempercantik’. Seandainya saya laki-laki, mungkin saya akan memberinya judul “mempertampan” atau “menggantengkan”, meski kata-kata itu tidak umum digunakan sebagai judul, apalagi judul yang sifatnya persuasif.. 😉

Kembali ke mainan saya (Moodle.. he..he..), rasanya tidak akan pernah habis diulas mainan yang satu ini. Kali ini saya ingin mengubah tampilan Moodle yang cenderung kaku dan itu2 saja, menjadi yang lebih menarik..(setidaknya menurut saia.. 🙂 )

Seperti biasa, sebelum melanjutkan membaca tulisan saya ini, lihat dulu screenshot berikut, tentu..supaya anda tahu apa maksud tulisan saya ini…

Yah, kalau anda sudah bosan dengan tampilan depan Moodle, yang  biasanya berisi News topics, atau Category / Course yang ada dengan tampilan standard, maka anda bisa mengubahnya menjadi icon2 yang mewakili isi dari Moodle anda (seperti yang sudah anda lihat pada screenshot di atas).

Karena saya anggap anda tertarik, maka akan saya uraikan langkah-langkahnya berikut  🙂

Babak 1 : Mengatur Front Page Moodle (Front page Settings)

1. Loginlah sebagai Administrator.

2. Pada menu Site Administration, Klik Front Page > Front Page settings. Maka akan tampil halaman Front page Setting.

3. Pada pilihan Front page dan Front page items when loggin, beri pilihan NONE semua.

4. Selanjutnya, gulung layar anda ke bawah dan berhenti pada pilihan Include a topic section, dan berilah tanda checklist (centang)

5. Jika sudah, klik tombol Save changes untuk menyimpan perubahan yang baru saja dilakukan.

Lihatlah perubahannya dengan mengeklik Menu HOME, supaya anda dibawa ke halaman depan (front page) moodle anda. Maka pada bagian tengah halaman depan moodle akan terlihat kosong. Yang tampak hanyalah side block sebelah kiri dan kanan…betuuuull ??? 😉

Wokeh…lanjutkan ke babak 2..

Babak 2 : Mengedit Front page Moodle.

1. Aktifkan Mode edit dengan mengeklik tombol Turn Editing On pada bagian kanan atas halaman. Maka tombol2 editing akan tampak.

2. Selanjutnya klik icon kuueecil bernama edit summary pada bagian kiri tengah halaman. Maka akan tampil halaman Summary  of Site.

3. Hilangkan tanda checklist pada Use default section name.

4. Pada kotak Section Name, isilah dengan Nama sectionnya, Misalnya “welcome” atau ” halaman depan ” atau yang lainnya.

5. Pada kotak Summary, isilah dengan Judul yang akan ditampilkan pada halaman depan Moodle anda. Misalnya “Selamat Datang di E-Learning SMKN 3 Jombang

6. Pada baris selanjutnya (masih pada kotak Summary), sisipkan tabel dengan mengeklik ikon Insert a new table dan isikan jumlah kolom dan baris sesuai dengan yang anda inginkan. Maka sebuah tabel baru akan dibuat di bawahnya.

7. Isilah kolom2 tabel tersebut dengan nama2 course yang ada pada Moodle anda beserta gambar pendukungnya supaya lebih menarik, seperti berikut :

8. Selanjutnya, klik Save changes.

Untuk melihat hasil sementara, matikan mode edit dengan mengekli Turn editing off. Maka hasil sementara daftar nama course / category akan tampil di sana.

Eeiittt…jangan protes dulu!! Emang nama2 course/category tersebut belum dikasih link. Jadi belum bisa diapa2kan. Hanya bisa dilihat saja. Nah, babak 3 inilah bagian pemberian Link. Check it out...

Babak 3 : Menautkan pada Course/Category

Nah, sekarang saatnya memberi Link pada teks/gambar tersebut. Ikuti langkah berikut :

Mengcopy Alamat URL Course/category

1. Bukalah kembali Halaman Moodle pada tab baru browser anda (sehingga terbuka 2 jendela yang berisi halaman moodle anda)

2. Pada tab yang kedua, bukalah daftar course anda dengan mengeklik Site Administration > Courses > Add/edit courses.

3. Matikan Mode Edit dengan mengeklik Turn editing off.

4. Selanjutnya klik kanan pada salah satu Course yang akan kita copy alamat URL-nya, misalnya course Matematika. Maka akan muncul shortcut menu , dan pilih Copy Link Location.

Menambahkan Link pada teks/Gambar ikon

1. Bukalah kembali tab browser yang pertama, dan editlah (Edit summary) teks/gambar ikon yang sudah anda buat.

2. Tambahkan Hyperlink dengan mengeklik teks/gambar dan klik ikon  insert hyperlink.

3. Pada kotak dialog Insert/Edit link, Link URL : Paste-kan alamat URL course/category yang sudah anda copy sebelumnya.

4. Klik Insert.

5. Ulangi langkah2 di atas untuk Course / Category yang lain.

6. Jika sudah selesai, jangan lupa klik tombol Save Changes.

Daaaan lihatlah hasilnya dengan mematikan mode edit, dan pergilah ke HOME.

Te..teeeeenggg…. maka semua teks/gambar ikon sudah bisa anda klik dan anda akan dibawa ke course/category yang bersangkutan.

Tentu, anda bisa mengembangkan Menu teks/gambar di atas tidak hanya menggunakan course/category, tetapi bisa juga aktivitas/resource lain, seperti Forum, Chat, Assignment dan seterusnya. Asalkan anda bisa mendapatkan link dari aktivitas2 tersebut.

Contoh bisa anda lihat di sini..

Well, guys..mudah2an tulisan ini bermanfaat. Selamat mencoba.. 🙂