Selain dapat menambahkan akun user pada office 365 satu per satu (baca tulisan sebelumnya Membuat User Baru di Office 365), anda juga dapat membuat / menambahkan banyak akun user (multi-user) secara sekaligus pada office 365.

Untuk melakukannya, anda dapat menggunakan file .csv yang berisi data semua user yang akan ditambahkan, kemudian mengimpornya ke office 365. Berikut contoh file .csv yang dapat anda gunakan sebagai acuan penulisan data akun user office 365.

Langkah menambahkan multi-user pada office 365:

1. Login-lah sebagai Admin pada akun office 365 anda dan pilih menu Admin.

2. Pada Dashboard Admin office 365, pilihlah menu Active User > Bulk Add.

3. Selanjutnya, pada tab Select file, pilih Browse untuk meng-import file .csv yang berisi data user yang akan ditambahkan, dan klik Next.

4. Pada tab Verification, akan terlihat banyaknya user yang telah berhasil terunggah ke office 365. Jika terdapat kesalahan (biasanya pada penulisan data di file .csv), maka akan ditampilkan pula jumlah kesalahan pada kolom errors.

Selanjutnya klik Next.

5. Pada tab Settings, beri pilihan pada Allowed dan pilihlah lokasi user pada pilihan Select a location, misalnya Indonesia dan klik Next.

6. Pada tab Assign Licenses, pilihlah:

  • Office 365 Education for students, untuk membuat akun siswa.
  • Office 365 Education for faculty, untuk membuat akun guru.

dan klik Next.

7. Pada tab Send Result, beri pilihan pada Send email dan ketik alamat email untuk mengirimkan notifikasi dari setiap aktivitas user yang telah dibuat.

10. Klik Create untuk mulai membuat akun multi-user tersebut.

Note:

Apabila anda menemui error saat import user, maka:

  • Periksa kembali, apakah penulisan data user telah sesuai dengan format penulisan file .csv yang anda download sebelumnya, termasuk panjang karakter yang diperbolehkan untuk masing-masing data user
  • Apabila tidak terjadi error, namun user yang telah ditambahkan belum terlihat, maka anda dapat menunggunya beberapa saat sampai proses penambahan user pada office 365 selesai.

Mudah ‘kan? monggo dicoba 😀

Referensi:

http://support.office.com