Sebelum membahas tentang Office 365, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang konsep SaaS (Software as a Service).

Software as aService (SaaS) merupakan salah satu jenis layanan cloud computing yang menyediakan layanan software yang dapat diakses oleh pengguna melalui internet, baik secara gratis maupun berbayar. Contoh layanan yang memanfaatkan SaaS ini adalah layanan email seperti Gmail, Yahoo, Hotmail, Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instant Messaging seperti Skype, Google Talk dan masih banyak lagi.

Dengan  menggunakan layanan SaaS ini, kita tidak perlu lagi membeli lisensi untuk menggunakan perangkat lunak tertentu, tetapi kita bisa menggunakannya kapan saja selama kita terkoneksi ke internet  😀

Nah, dalam perkembangannya, banyak perangkat lunak yang dulu hanya bisa kita nikmati dengan memasang aplikasi tersebut di komputer kita, saat ini mulai bisa kita nikmati menggunakan konsep SaaS ini. Misalnya Microsoft Office yang dulu harus kita pasang pada PC kita, saat ini bisa kita akses online melalui Office 365.

Office 365 merupakan sebuah layanan yang mengakomodasi konsep SaaS yang memungkinkan penggunanya dapat mengakses e-mail, dokumen, kontak, kalender dan melakukan kolaborasi di manapun secara online dengan menggunakan berbagai perangkat keras yang dimiliki seperti PC, Laptop, Tablet atau SmartPhone.

Untuk kalangan akademisi (sekolah/universitas), Office 365 dapat diakses dengan cara melakukan pendaftaran melalui situs http://office365.co.id/. Selanjutnya Microsoft akan melakukan verifikasi dan institusi tersebut bisa mulai menggunakan layanan Office 365 Education A2 (penjelasan layanan paket office 365 dijelaskan pada postingan berikutnya).

Dengan paket Education A2 ini, pelajar/mahasiswa, dan staff sekolah/universitas bisa mengakses Office 365 melalui browser (web apps) maupun Windows Phone dan menggunakan fitur-fitur yang disediakan.

Berikut fitur yang dimiliki oleh Office 365:

Keterangan:

  1. Office Web Apps. Membuat, menyimpan, dan mengedit dokumen Office secara online melalui fitur Word Online, Excel Online, PowerPoint Online.
  2. Website, memberikan layanan situs professional untuk bisnis secara mudah melalui fitur Sites.
  3. Berbagi file dan berkolaborasi dengan kolega secara online melalui fitur OneDrive, OneNote Online, Yammer.
  4. Mobilitas. Layanan Office 365 dapat diakses dimanapun dengan menggunakan semua perangkat yang dimiliki sehingga kita dapat produktif kapan saja.
  5. Akses Email dan Kalender dari komputer, web, dan ponsel melalui fitur Mail, Calendar.
  6. Percakapan instan (Instant Messenger), kehadiran, dan video konferensi melalui fitur Video, Lync.
  7. Kemanan dan Kepercayaan. Microsoft membantu menjaga data pribadi dengan aman.

Jadi, konsep office 365 ini memang diciptakan sebagai sarana kolaborasi dan kerja bersama secara online diantara kolega atau tim pada sebuah instansi/organisasi untuk mengelola dokumen, membuat rencana, mengatur dan menentukan pekerjaan, berbagi file, mengobrol tentang apa yang sedang dikerjakan, melalui fitur-fitur yang disediakan.

Anda tertarik? Monggo lanjut ke Cara mendapatkan Office 365.

Referensi:
Buku Petunjuk Praktis Microsoft Office 365 Bagi Institusi Pendidikan dan Organisasi, Microsoft Innovation Center Yogyakarta, 2013.
http://www.cloudindonesia.or.id/apa-itu-cloud-computing.html
http://www.telkomcloud.com/enterprise/software-as-a-service-saas/
http://office365.co.id/
http://winpoin.com/pelajar-dan-mahasiswa-bakal-bisa-menikmati-office-365-secara-gratis/