Scroll to top adalah sebuah fasilitas yang memudahkan kita untuk kembali ke halaman (tampilan) atas sebuah website tanpa menggunakan tombol Scroll bar pada window browser kita. Seperti yang ada pada bagian kanan bawah halaman blog saya ini 😉

Pada Joomla 2.5, shop untuk menambahkan fasilitas tersebut, web anda bisa menggunakan Plugin ScrollTop yang bisa anda download secara gratis di sini, kemudian menginstall dan mengaktifkannya. Plugin ini compatible untuk Joomla versi dibawahnya,1.6 dan Joomla 1.7.

Jika anda sudah biasa menginstall module /component Joomla, tentu tidak akan mengalami kesulitan dalam menginstal Plugin ini. Namun bagi yang masih Newbie.. Saya ikhlas memandu anda dalam hal instalasi dan aktivasinya.. 😉

Setelah anda berhasil mendownload plugin ScrollTop, ikuti langkah berikut:

1. Loginlah ke Backend Joomla 2.5

2. Klik menu Extensions > Extension Manager. Uploadlah file plg_system_scrolltop1.1.zip dengan mengeklik tombol Browse pada Upload File Package. Dan Klik tombol Upload & install. Tunggulah sebentar sampai proses instalasi Sukses (Installing plugin was successful)

3. Selanjutnya, aktifkan Plugin tersebut dengan cara KLik Menu Extensions > Plugin Manager.

4. Pada deretan Plugin yang ada, carilah plugin System – ScrollTop dan aktifkan dengan mengeklik tombol merah di sebelah kanannya sehingga berubah menjadi warna Hijau (Enabled).

5. Selanjutnya, silahkan Refresh halaman Joomla anda, dan gulunglah ke bawah…Niscaya akan nongkrong tombol panah atas seperti pada tampilan berikut :

Jika tombol panah tersebut anda klik, maka halaman Joomla anda akan bergeser ke atas.

Simpel banget kan??? Selamat mencoba 🙂