Yang saya maksud dengan Module Custom HTML adalah kurang lebih seperti Widget Text pada WordPress. Jadi dengan Module Custom HTML ini kita bisa menyisipkan script HTML untuk ditampilkan di Sidebar (atau posisi lain) Joomla kita.

Module Custom HTML ini banyak disukai oleh para Blogger, visit web karena dengan module ini kita bisa mempercantik tampilan website dengan cara menyisipkan kode-kode HTML yang bisa kita dapatkan secara gratis dari aplikasi-aplikasi tertentu. Misalnya, web kode untuk Shoutbox, HitCounter, Alexa Rank dan Accessories Blog lainnya.

Misalnya saya akan menampilkan Email Subscriber seperti yang ada di sidebar kiri atas blog saya ini.

Untuk mendapatkan Kode HTML untuk Email Subscriber di atas, saya mendapatkan dari feedburner.com untuk Blog saya ini, jadi saya tinggal CoPas aja.. πŸ™‚

Maka berikut langkah-langkahnya :

1. Login ke Backend Joomla.

2. Klik Menu Extension > Module Manager > New. Pada Select Module type, Pilih Custom HTML.

3. Selanjutnya isilah Form isian berikut :

4. Pada Custom Output, Klik ikon HTML pada TinyMCE editor, maka ditampilkan kotak HTML Source editor. Ketikkan kode HTML anda di kotak ini (Atau copy paste aja).

5. Klik Update. Maka pada kotak isian Custom HTML Output akan tampil previewnya.

6. Klik Save & Close. Refresh halaman Joomla anda, maka Module yang baru saja anda buat akan tampil pada posisi (sidebar) yang anda tentukan sebelumnya.

Selamat mencoba πŸ˜‰