Bagian akhir dari pembuatan aplikasi ini adalah mendownload Aplikasi dan menginstalnya pada HP Android kita. Mendownload Aplikasi berarti menyimpan file project/aplikasi yang telah dibuat menggunakan App Inventor ke dalam komputer kita. Dengan mendownload file aplikasi tersebut, dosage maka kita dapat menginstal aplikasi  pada HP android kita atau menggunakan project source code tersebut untuk digunakan (diedit dam dimodifikasi) kembali.

Jadi pada dasarnya menyimpan project aplikasi ini dilakukan untuk 2 tujuan:

  1. Menyimpan project source code  (berformat .aia) untuk diedit atau dimodifikasi lagi.
  2. Menyimpan file project dalam bentuk paket aplikasi (berformat .apk) untuk kemudian diinstal di HP android atau diunggah ke Google Play.

Baiklah, kawan.. berikut langkah untuk menyimpan file sumber (.aia) 😀

  • Pilih Project > Export selected project (.aia) to my computer. Maka file sumber project aplikasi tersebut akan disimpan pada komputer anda

Sedangkan langkah untuk Mengunduh file Aplikasi (.apk), adalah:

  • Pilih menu Build > App (Save .apk to My Computer)

Tunggulah sebentar.. server sedang melakukan proses build pada project anda.

Selanjutnya browser akan menampilkan unduhan file apk tersebut pada halaman Downloads.

Setelah file apk diunduh, anda dapat menginstalnya seperti biasa, yaitu dengan cara mengkliknya (tap) dan aplikasi tersebut akan terinstal pada HP anda. Selanjutnya jalankan aplikasi tersebut.

Note:

To let you know..bahwa ketika kita bekerja dengan sebuah project pada App Inventor, maka Server App Inventor akan secara periodik menyimpan setiap perubahan yang kita lakukan pada project tersebut. Namun, jika anda ingin menyimpan project tersebut secara manual, Berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih menu Projects > Save Project. Maka aplikasi anda akan tersimpan pada Server App Inventor.

Gimana? Mudah kan?? Selamat mencoba… 😉

Referensi:

http://appinventor.mit.edu/explore/ai2/share.html