Tulisan saya kali ini sebaiknya tidak anda lewatkan..karena saya ingin mengenalkan anda pada fitur Dashboard App Inventor. Dengan mengenal fitur yang ada pada App Inventor, diharapkan anda tidak akan menemui kesulitan saat menggunakan semua tool yang ada di dalamnya.

Well.. Ketika pertama kali anda login ke akun App Inventor, biasanya akan terlihat tampilan halaman seperti pada gambar berikut (dengan daftar My Projects yang masih kosong..kalau punya saya sudah ada isinya..he..he..)

 Tampilan dashboard app inventor yang telah terisi beberapa project

Berikut keterangan gambar di atas:

  1. Start New Project : Untuk membuat project aplikasi baru
  2. Delete : Untuk menghapus project aplikasi yang telah dibuat
  3. My Project : Berisi daftar nama project, tanggal project dibuat dan tanggal project dimodifikasi

Namun, jika anda sudah pernah bekerja dengan sebuah project, maka biasanya dashboard akan menampilkan project terakhir anda, sebagai halaman pembuka.

Selanjutnya, setelah anda mulai membuat project baru (dengan memilih tombol Start New Project), maka halaman dashboard App Inventor akan terlihat seperti gambar berikut:

Fitur app inventor beserta tampilan aplikasi kalkulator sederhana

Keterangan gambar:

  • Palette Column: Berisi semua komponen yang akan digunakan pada project. Komponen pada bagian palette ini dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Misalnya komponen User Interface terdiri atas komponen button, label, image, checkbox, slider dan seterusnya. Berikut daftar lengkap kelompok Palette pada App Inventor:

 Daftar kelompok Palette

Tentu, anda tidak harus mengenal semua komponen di atas. Cukup dengan mengenal beberapa jenis komponen, anda sudah bisa membuat aplikasi android yang cukup bagus dan bermanfaat.. 🙂

  • Viewer Column : Berfungsi untuk menampilkan/meletakkan komponen yang telah dipilih. Semua yang ada pada bagian viewer ini yang nantinya akan terlihat saat project dijalankan
  • Components Column : Berisi daftar semua komponen yang kita gunakan/sisipkan pada project/viewer. Saat kita menambahkan sebuah komponen pada viewer/project, maka daftar isi Components akan bertambah sesuai dengan jenis komponen yang disisipkan
  • Media Column : Berisi daftar media (gambar, clip art, suara, musik, atau film) yang kita sisipkan pada project
  • Properties Column : Berfungsi untuk mengatur properti dari komponen yang kita gunakan. Setiap komponen memiliki properti tersendiri yang bisa kita atur pada bagian property ini, sesuai dengan kebutuhan kita

Nah, setelah kita mengenal fitur dashboard app inventor, maka selanjutnya kita akan belajar menggunakan komponen yang ada untuk membuat aplikasi android..

Ikuti tulisan saya selanjutnya ya… Membuat Project Baru Pada App Inventor 😀

Referensi:

http://appinventor.mit.edu/explore/ai2/tutorials.html

http://appinventor.mit.edu/explore/sites/all/files/hourofcode/AppInventorTutorials.pdf

Tylor, Jason. App Inventor For Android : Build Your Own Apps – No Experience Required!, 2011, a John Wiley and Son, Ltd., Publication.