Tampilan (Layout) dan Posisi Content (Isi) Joomla bergantung pada jenis template yang anda pilih dan gunakan. Dengan mengetahui Posisi/Letak Module template yang anda gunakan, cost akan memudahkan anda mengatur/mengubah tampilan Website Joomla anda.

Berikut adalah salah satu contoh tampilan Template standard Joomla beserta Letak Posisi masing-masing Module yang mendukungnya :

Pada tampilan Template standard Joomla di atas, shop terdapat sekitar 10 posisi yang biasa disebut top, order user1 to user6, left, right, header, footer, breadcrumb, dan newsflash. Berikut keterangan penggunaan masing-masing posisi tersebut :

1. TOP, secara default biasanya ditempati oleh Module  “Banners” dan “Newsflash“. Module Banners biasanya berisi gambar yang mengandung link ke URL tertentu. Anda bisa mengatur Banners anda melalui Components -> Banners. Selanjutnya menampilkan Module Banner melalui Extensions -> Module Manager.
Sedangkan Module Newsflash biasanya menampilkan beberapa artikel secara random. Anda bisa mengatur kategori artikel yang ingin anda tampilkan pada NewFlash melalui Module NewsFlash.

2. USER3, biasanya ditempati oleh Module Top menu. Anda bisa membuat dan mengatur Menu melalui Menus -> Menus Manager, kemudian menampilkannya melalui Module Top menu.

3. Breadcrumbs, biasanya ditempati oleh Module Breadcrumb. Module Breadcrumb menginformasikan halaman yang sekarang sedang aktif.  Misalnya, jika saat ini anda berada pada “Sample Page”. Maka pada posisi Breadcrumbs akan menampilkan informasi  “Home -> Sample Page“. Penggunaan Breadcrumb sangat berguna ketika anda memiliki banyak level.

4. User4, biasa ditempati oleh Module “Search“.

5. LEFT, biasanya ditempati oleh beberapa Module seperti Menu-menu vertical, Login form dan beberapa menu lain yang bisa anda buat sendiri.

6. User1, biasanya ditempati oleh Module “Latest News“. Latest news berisi kumpulan artikel-artikel terbaru dari kategori yang sudah anda tentukan sebelumnya. Anda bisa mengatur jumlah artikel yang akan ditampilkan pada Latest News melalui Module ini.

7. User2, biasa ditempati oleh Module “Popular“. Module Popular menampilkan artikel yang sering dibaca oleh pengunjung. Anda bisa mengatur kategori dan jumlah artikel yang akan ditampilkan pada Popular  melalui Module ini.

8. Posisi ini adalah bagian utama dari tampilan website anda, pada bagian inilah artikel terbaru yang anda tentukan akan ditampilkan.

9. RIGHT, ditempati oleh Module “Polls” (Polling). Anda bisa membuat polling melalui Menu Components -> Polls. Anda juga bisa memilih salah satu dari beberapa polling yang sudah anda buat dan mengaturnya melalui Menu Module manager > Module Polls.

10.Footer, ditempati oleh Module “Banners” dan “Footer“. Anda bisa memberi informasi yang menurut anda penting pada bagian ini, misalnya Copyright atau Teks yang mengandung Hyperlink.

Sekali lagi, tentu posisi Module di atas bergantung pada jenis template yang anda gunakan. Anda bisa ke sini, untuk menemukan beberapa templates yang menurut saya lumayan bagus dan bervariasi.

Mudah2an bermanfaat 🙂