Sekitar 3-4 bulan yang lalu saya mengalami pengalaman pahit, approved karena kehilangan semua data – data sekolah yang sudah saya upload ke e-learning sekolah, visit this site gara-gara saya meng-upgrade Moodle yang saya gunakan, store dari versi 1.9x ke 2.0. Sebenarnya tidak hilang sih, hanya perlu sedikit customisasi pada script2 dan databasenya. Tapi berhubung saya agak males kalau disuruh ukrek-ukrek script, maka saya putuskan untuk meng-uploadnya ulang saja 😕 .

Eh, ternyata tidak semudah yang dibayangkan, seperti ketika melakukannya pada Moodle 1.9x. Pada waktu itu tidak ada Fasilitas Upload Files di Site Administrasinya.

Apa boleh buat, saya harus menanyakan ke mbah google dan juga ke teman-teman lewat forum Moodle. Ternyata banyak pula yang mengalami hal yang sama. Ternyata eh ternyata ketika itu adalah penampilan perdana Moodle 2.0 sehingga, masih banyak kekurangan di sana-sini. Dan,  akhirnya saya menyerah, dan memilih meninggalkannya sejenak.

Tadi malam, iseng-iseng saya tengok lagi, dari pada tidak melakukan apa-apa, pikir saya. Saya coba menginstal Moodle 2.0 dari awal melalui Fantastico dan mulai membuat Category dan Course. Tibalah saatnya mengupload bahan Ajar. Apa yang terjadi saudara-saudara???

Yes! Bisa! Lebih mudah pula caranya dibanding dengan Versi sebelumnya. Nah saking mudahnya, saya jadi tidak sabar untuk berbagi ke teman-teman… 😛 .  Nih dia caranya..

1. Siapkan terlebih dahulu bahan ajar yang akan diupload, bisa berupa file pptx, pdf, doc atau yang lain.
2. Login ke Administrator dan bukalah mata pelajaran (course) yang akan di isi dengan bahan ajar yang sudah disiapkan.
3. Aktifkan Mode Edit dengan mengeklik Turn Editing On.

4. Klik Add Resources pada tampilan berikut

5. Pilihlah File, maka akan tampil jendela berikut :

Pada isian Name dan Description : Isikan tentang topik dan deskripsi Bahan ajar yang akan diupload.

6. Klik Add pada pilihan Select File, maka akan muncul kotak dialog berikut :

7. Pada kotak dialog di atas pilih upload a file.

8. Pada kotak Attachment, Klik Browse untuk memilih file yang akan diupload.

9. Pada kotak Save as : Ketikkan nama file yang sudah dipilih dengan nama lain.

10. Author dan Choose Lisence, secara otomatis akan terisi, jadi lewati saja.

11. Jika sudah, Klik Upload this file.

Tunggu sebentar, karena proses uploading sedang berlangsung…. (kalau anda menggunakan modem yang lemot, sebaiknya ditinggal ngopi dulu..he..he 😉 )

12. Jika sudah selesai maka akan tampil:

13. Gulunglah jendela ke bawah, dan klik Save and Return to Course. Maka akan bahan ajar atau Modul yang baru saja diupload sudah siap digunakan/didownload.

Nah, mudahkan?? Monggo di seruput lagi kopinya..ah…