Setelah mengetahui fitur-fitur micro:bit, selanjutnya bagaimana cara menggunakan micro:bit?

Setidaknya ada 5 langkah yang dapat dilakukan untuk mulai bekerja menggunakan micro:bit, yaitu:

Step 1: Hubungkan micro:bit dengan PC/Laptop

Apabila Anda memiliki perangkat micro:bit, hubungkan micro:bit dengan PC/laptop Anda menggunakan kabel USB bawaan micro:bit. Selanjutnya Anda akan melihat sebuah Local Drive baru pada PC Anda dengan label “MICROBIT” dan LED kuning pada bagian belakang micro:bit akan menyala.

Micro:bit yang dihubungkan dengan Laptop

Step 2: Memrogram micro:bit (pada PC/Laptop)

Selanjutnya Anda dapat mulai memrogram micro:bit menggunakan MakeCode Editor (menggunakan blocks) atau Python Editor (textual).

Memrogram micro:bit menggunakan Blocks

Step 3: Unduh program ke PC/Laptop

Anda dapat mengunduh program yang telah dibuat ke PC/Laptop dengan memilih tombol Download pada bagian kiri-bawah jendela. Maka sebuah file dengan ekstensi “.hex” akan tersimpan pada PC/Laptop Anda.

Selanjutnya copy-lah file tersebut ke micro:bit seperti halnya Anda menyalin file ke USB Drive (Flashdisk).

Menyalin file program (project) ke micro:bit

Step 4: Jalankan Program

Program yang telah di-copy ke drive MICROBIT akan otomatis dijalankan oleh micro:bit. Ketika Anda sedang menulis program, maka LED kuning akan berkedip-kedip yang menunjukkan bahwa Anda sedang memrogram micro:bit.

Tampilan hasil program pada perangkat micro:bit

Note: Drive MICROBIT akan otomatis ejected ketika Anda memprogram atau melakukan pengeditan pada program. Pada saat itu pula, program yang sebelumnya kita copy akan hilang. Maka apabila Anda ingin menjalankan kembali program yang telah diedit, Anda harus meng-copy ulang file terbaru pada drive MICROBIT untuk dijalankan pada perangkat micro:bit.

Referensi : https://microbit.org/guide/quick/