Saya mengenal Micro:bit ini pertama kali saat yang mengikuti kegiatan Microsoft Education Summit 2019 beberapa waktu yang lalu. Sebenarnya micro:bit ini mulai dikenalkan sejak tahun 2015. Namun baru 2 terakhir mulai gencar dikenalkan di Indonesia.

Nah, sebenarnya Apa sih micro:bit itu? Micro: bit merupakan komputer mini yang memiliki bentuk berupa papan sirkuit seukuran kartu ATM dengan 25 (5 x 5) lampu LED, accelerometer, kompas, dua tombol dan konektor tambahan untuk kemampuan sensor yang dapat diprogram oleh siapa saja yang menggunakannya.

Micro:bit tampak depan

Komputer ini dapat diprogram untuk menampilkan huruf, angka atau untuk keperluan lainnya. Dilengkapi juga dengan kemampuan Bluetooth untuk mendukung konektivitas nirkabel.

Micro:bit tampak belakang

Bagaimana cara memprogram micro:bit?

Anda dapat memrogram micro:bit ini menggunakan melalui laptop/PC, table atau bahkan smartphone. Ada dua cara untuk memprogram micro:bit, yaitu dengan menggunakan Blocks (drag and drop) atau dengan bahasa pemrograman Javascript/Python. Keduanya dapat dilakukan melalui website https://microbit.org/code/ 

Memrogram micro:bit menggunakan Blocks dan Javascript

Bagaimana menjalankan Program pada micro:bit?

Setelah kode program (project) yang telah ditulis tersimpan dalam PC/laptop, selanjutnya Anda dapat menghubungkan micro:bit dengan PC/ laptop menggunakan kabel USB. Micro:bit yang telah terhubung pada PC/laptop akan terlihat pada jendela windows explorer dengan Label MICROBIT.

MICROBIT yang telah terhubung pada PC/laptop

Selanjutnya Anda dapat menyimpan (copy paste) project pada MICROBIT dan micro:bit akan otomatis menjalankan program tersebut dan menampilkan hasilnya.

Hasil project micro:bit yang menampilkan Smiley

Note: Dalam hal ini micro:bit berperan layaknya sebuah flashdisk yang menyimpan hasil project dan menjalankannya.

Bagaimana jika saya tidak memiliki perangkat micro:bit?

Apabila Anda tidak memiliki perangkat Micro: bit, Anda dapat menggunakan simulatornya. Simulator ini memiliki tampilan dan kemampuan yang sama dengan perangkat Micro: bit.

Hasil output micro:bit menggunakan simulator

Bagaimana cara menerapkan micro:bit di kelas?

Anda dapat menerapkan micro:bit ini tidak hanya untuk mata pelajaran pemrograman melainkan juga dapat diterapkan pada mata pelajaran computer science, design technology, seni, matematika, musik, sport dan seterusnya. Anda dapat melihat contoh penerapan micro:bit pada mata pelajaran tersebut di sini.

Saya tidak memiliki kemampuan memrogram, apakah saya bisa belajar micro:bit?

Bisa! Anda tidak perlu khawatir karena tersedia tutorial dan petunjuk lengkap beserta contoh-contoh project yang dapat Anda pelajari melaluiĀ https://makecode.microbit.org/courses. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kehilangan arah saat belajar, bahkan saat mengajarkan materi micro:bit ini kepada siswa Anda. Yuk.. kita mulai!! šŸ˜‰

Referensi: https://microbit.org/