Banyak cara yang dapat digunakan untuk menampilkan tampilan aplikasi dari HP Android secara langsung ke laptop. Salah satu cara yang menurut saya cukup mudah adalah dengan menggunakan Screen Stream Mirroring.

Saya katakan mudah, visit sebab sebelumnya saya pernah mencobanya menggunakan aplikasi lain, medicine namun tidak sepenuhnya berhasil (kadang berhasil kadang tidak.. tergantung moodnya HP Android saya.. :)). Hal ini dikarenakan Hp Android saya yang memang OSnya masih Jelly Beans dan tidak ada fasilitas screen cast/mirroring di displaynya. Baca Meremote Laptop dengan HP android.

Namun, prescription ketika saya coba aplikasi Screen Stream Mirroring, ternyata cukup mudah. Saya hanya perlu mengunduh aplikasinya dan memasangnya di HP dan laptop saya. Jika anda tertarik mencobanya, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Download Screen Stream Mirroring Free melalui Google Play Store dan pasanglah di HP Android anda
  2. Download Startup tool (ScreenStreamStartService-v19-Windows.zip)
  3. Download adbdriver.zip. ADBDriver ini digunakan untuk mengontrol perangkat Android menggunakan kabel data USB dari PC/Laptop.

Menghubungkan HP dan Laptop

  • Extract-lah file adbdriver.zip dan pasanglah pada laptop anda (pastikan Hp android anda terhubung ke laptop melalui kabel USB)

  • Extract-lah file ScreenStreamStartService-v19-Windows.zip dan jalankan file startService.bat

  • Jalankan aplikasi Screen Stream Mirroring pada HP, dan pada menu > Pilih Web Browser, jika pada HP android anda tidak tersedia fitur Chromecast/Miracast atau screen mirroring lainnya.

  • Selanjutnya, bukalah browser pada laptop anda dan ketikkan IP Address yang terlihat pada aplikasi Screen Stream Mirroring tersebut.

Tunggulah beberapa saat sampai kedua perangkat tersebut terhubung, seperti pada gambar berikut:

Cara ini menurut saya paling mudah diterapkan, terutama pada perangkat HP jadul yang minim fitur seperti punya saya..hehe. Dengan menggunakan aplikasi ini akan memudahkan kita dalam mendemonstrasikan aplikasi android dari HP, kepada siswa/audiens.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat 🙂