Tulisan ini bisa dibilang pengembangan dari tulisan saya sebelumnya MLE-Moodle untuk Moodle 1.9x mobile dan Moodbile untuk Moodle 2.0.x Mobile. Jika tutorial yang pertama adalah untuk Moodle versi 1.9 dan yang kedua untuk moodle versi 2.0, maka tulisan kali ini untuk Moodle Mobile versi 2.4 ke atas.

Untuk menggunakan Moodle mobile, pastikan elearning anda sudah ready untuk diakses melalui desktop. Selanjutnya anda hanya perlu melakukan sedikit pengaturan supaya elearning tersebut dapat diakses melalui HP Android.

Baik, mari kita mulai..

  1. Sekali lagi, pastikan elearning moodle anda sudah siap diakses dengan konten yang sudah lengkap tentunya..he..he, Misalnya, saya akan mengakses eLearning Rakyat milik Dosen saya Pak Onno W. Purbo, yaitu http://cyberlearning.web.id/moodle/

Tampilan eLearning Rakyat Pak Onno W. Purbo versi desktop

2. Loginlah sebagai administrator dan lakukan pengaturan berikut, agar moodle anda bisa diakses melalui mobile device:

  • Site administration > Plugins > Web services > Mobile dan beri pilihan pada “Enable web services for mobile devices’
  • Klik Save changes untuk menyimpan perubahannya

3. Selanjutnya, unduh di Play Store aplikasi Moodle Mobile dan pasang pada HP Android anda.

Moodle Mobile di Play Store

4. Jika sudah dipasang, ketikkan alamat website elearning moodle anda dan loginlah menggunakan akun moodle yang anda miliki.

 

5. Jika login berhasil maka akan tampil daftar course anda.

Tampilan Course yang saya ikuti pada eLearning Rakyat

Anda dapat mengatur tampilan theme moodle versi mobile melalui Site administration > Appearance > Themes > Theme selector mobile pada halaman dashboard moodle desktop.

Fitur tampilan moodle mobile ini sangat minimize, tidak selengkap fitur aslinya seperti ketika kita mengaksesnya melalui desktop. Jadi hanya bagian2 yang penting saja yang akan ditampilkan. Akan tetapi, Moodle Mobile cukup untuk memfasilitasi aktivitas pembelajaran kita ketika kita sedang tidak terkoneksi dengan media PC atau laptop. Seperti itu… 😉

Semoga bermanfaat 🙂

Referensi:

https://docs.moodle.org/26/en/Mobile_app
https://docs.moodle.org/26/en/Mobile_Moodle_FAQ