Kuis online yang telah dibuat menggunakan Microsoft Office Form (baca Membuat Kuis Online menggunakan Office Form), selanjutnya dapat dibagikan link/URLnya kepada siswa agar siswa bisa mulai mengerjakan kuisnya.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan oleh guru untuk membagi link kuis tersebut, yaitu:

  • Link, untuk membagi kuis kepada siswa melalui URL/link
  • QR Code, untuk membagi kuis kepada siswa melalui barcode
  • Embed, untuk membagi kuis kepada siswa dengan cara menyisipkannya pada media lain seperti blog/website.
  • Email, untuk membagi kuis kepada siswa melalui email
Tampilan Share Form

Pada postingan ini, saya akan menuliskan cara membagi kuis form menggunakan cara ke-2, yaitu melalui QR Code. Sharing link kuis form menggunakan QR Code ini akan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan Aplikasi Mobile Exam.

Aplikasi Mobile Exam adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membantu guru membagi link kuis form agar siswa dapat dengan mudah mengakses kuis. Aplikasi ini dikembangkan oleh CAM Creative Labs. yang diinisiasi oleh Yuche Yahya Sukaca, guru SMAN 1 Pati Jawa Tengah. Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana, yaitu dengan cara menyecan QR code dari kuis, selanjutnya menampilkannya.

Berikut langkah menggunakan aplikasi Mobile Exam sebagai media untuk membagi dan mengerjakan kuis online:

  • Unduhlah aplikasi Mobile Exam melalui Play Store,  dan jalankan.
Tampilan aplikasi Mobile Exam
  • Scan-lah QR Code dari kuis yang telah dibuat.
Barcode dari kuis form
Scan QR code kuis menggunakan Mobile Exam

Apabila proses scanning berhasil, maka akan ditampilkan kuis form yang telah dibuat dan siswa bisa mulai mengerjakannya.
Selain dengan menggunakan QR code, aplikasi ini juga dapat menjalankan kusi melalui link/URL kuis. Anda dapat menuliskan URL kuis form melalui tombol “MASUKKAN LINK UJIAN”.

Tampilan aplikasi Mobile Exam –
MASUKKAN LINK UJIAN

Maka kuis akan ditampilkan pada smartphone siswa.

Tampilan soal kuis pada smartphone

Note! Aplikasi Mobile Exam akan menonaktifkan tombol-tombol pada smartphone siswa yang mengerjakan kuis, sehingga siswa tidak bisa men-screenshot atau mencuri soal secara diam-diam serta tidak bisa mencari jawaban soal melalui internet atau media sosial lainnya.

Mudah ya… 🙂 Selamat mencoba..