Beberapa teknik untuk menambahkan Bahan ajar (resource), site baik berupa document (.doc), dosage Presentasi (.pptx) maupun multimedia (video/audio) ke dalam course di Moodle telah anda pelajari, (bagi yang belum, silahkan baca Meng-upload Bahan Ajar ke Moodle 2,Β  Menambahkan Multimedia pada Moodle, Menambahkan Resource berupa Video (Live) Justin.tv ke Moodle, Menampilkan Bahan Ajar PowerPoint di Moodle.

Selain dengan menggunakan Format file SCORM Package, anda juga bisa menampilkan Bahan Ajar anda yang telah anda buat melalui Program Aplikasi MS PowerPointΒ Β  (yang berformat .pptx ) ke dalam course anda dengan cara meng-uploadnya terlebih dahulu pada server (hosting) yang menyediakan tempat gratis untuk menyimpan file anda tersebut, misalnya Slideshare.net. Cara ini juga bisa digunakan untuk bahan ajar yang berformat .docx

Dengan cara ini, anda bisa menampilkan bahan ajar anda secara langsung (tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu), sehingga siswa-siswi anda bisa membacanya dari course yang diikutinya saat itu juga.

Berikut langkah-langkahnya:

Cara Mendapatkan Embed Code Bahan Ajar :

1. Uploadlah terlebih dahulu Bahan Ajar anda ke Slideshare.net (Jika anda belum mempunyai Account di Slideshare.net, silahkan Register di sini).

2. Jika anda sudah berhasil mendapatkan Account, Upload-lah bahan ajar anda dengan mengeklik Tombol Upload dan ikuti prosedur peng-upload-annya.

File-file yang sudah anda upload akan tersimpan di Slideshare dan bisa didownload dan dinikmati oleh banyak orang seperti file-file punya saia ini .. πŸ™‚

3. Setelah upload berhasil, maka anda akan mendapatkan Embed code yang nantinya akan anda gunakan untuk menampilkan bahan ajar tersebut di Course Moodle anda.

Klik Teks Embed pada bagian atas Slide, maka akan tampil Kode embed di bawahnya, selanjutnya klik tombol Copy.

Menampilkan pada Course Moodle :

1. Loginlah sebagai Administrator/Teacher dan bukalah Course anda.

2. Tambahkan resource baru dengan mengeklik Add a resource > Pilih Page. Maka halaman Add a new page akan ditampilkan.

3. Berilah isian pada Name dengan Judul Bahan Ajar, dan Description dengan keterangan tentang bahan ajar.

4. Pada Page Content, Klik ikon TinyMCE HTML, maka akan ditampilkan kotak dialog HTML Source Editor. Paste-kanΒ  Embed code yang sudah anda copy sebelumnya pada kotak editor ini.

Klik Update.

5. Selanjutnya Klik Save and Display. Maka bahan ajar anda sudah siap digunakan.

Selamat mencoba πŸ˜‰ Mudah2an bermanfaat.