Tak kudengar lagi riuh rendah suara mereka, this semua tertegun, semua terdiam..semua terpaku memandangi kode-kode dan sintax yang ada di layar laptop mereka. Pikiran mereka sedang berkelana… berkelana di dunia scripting..

Siang kemarin, Anak2 TKJ XII sedang mengerjakan tugas praktek, Bahasa Pemprograman Server Side Scripting PHP dan Database MySql.

Mengajar bahasa pemprograman, terutama berbasis web memberi keasyikan tersendiri sekaligus menuntut kesabaran lebih. Bagaimana tidak ? Berkutat dengan permasalahan (problem) yang menuntut analisa dan logika berpikir yang kuat untuk kemudian dituangkan ke sebuah program, bukanlah hal yang mudah bagi anak-anak SMK, apalagi anak SMK Teknologi yang terbiasa dengan hal-hal yang bersifat aplikatif. Dibutuhkan metode pengajaran yang menyenangkan agar mereka tertarik dan merasa tertantang untuk mempelajarinya.

Dan, minggu ini adalah minggu yang berat bagi mereka, karena hampir semua guru memberikan tugas yang harus segera diselesaikan menjelang ujian tengah semester. Meski begitu, bukan alasan bagi saya, untuk tidak menguji keterserapan materi yang telah lebih dari 2 bulan saya berikan, dengan memberi ulangan (tugas) praktek.

Maka tanpa bermaksud untuk menambah beban mereka, saya pun memberikan tugas yang dikerjakan secara berkelompok, dengan tujuan supaya tidak terlalu membebani.

Berbagai contoh permasalahan dan program yang telah mereka pelajari sebelumnya, cukup membantu mereka dalam menyelesaikan tugas mereka saat ini.

Dan waktu 4 jam pelajaran, ternyata lebih dari cukup untuk menyelesaikan 2 permasalahan yang saya berikan sampai pada pengiriman tugas via email.

Maka diujung pertemuan siang itu… tak lagi kulihat lagi, galau dimata mereka, senyum sumringah menghiasi wajah anak-anakku atas keberhasilan mereka menyelesaikan tugasnya.

Dan…sayapun ikut larut dalam kebahagiaan mereka…