Hari terakhir selalu menjadi hari yang menyenangkan ketika berada jauh dari rumah. Apalagi jika semua tugas telah terselesaikan dengan baik, maka segera berada tengah keluarga adalah keinginan yang rasanya tidak terbendung lagi.. 🙁

Selama 2 hari kemarin, kami berkumpul kembali untuk melanjutkan diskusi tentang pengembangan kurikulum SMK untuk mata diklat Simulasi Digital bersama dengan perwakilan guru SMK, pihak industri, Direktur PSMK, Direktur SEAMOLEC, Kasubdit Pembelajaran SMK dan SEAMOLEC expert team.

Didampingi oleh Direktur SEAMOLEC, Bpk Gatot Hari Prijowirjanto, saatnya Kasubdit pembelajaran PSMK, Bpk Agung Budi Susanto untuk menjelaskan Struktur Kurikulum SMK 2013.

Mata Pelajaran “Pengelolaan Informasi” yang terdapat pada struktur kurikulum 2013 untuk Bidang Keahlian Teknoogi Informasi dan Komunikasi (yang sudah dipublish sebelumnya), rencananya akan digantikan oleh Mata Pelajaran Simulasi Digital, dengan bobot waktu yang sama. Sedangkan untuk jurusan selain TIK, jam untuk mata pelajaran ini akan dipecahkan dari mata pelajaran tertentu yang memiliki jumlah jam yang relatif ‘gemuk’.

Mata pelajaran Simulasi digital ini rencananya pada awal penerapan Kurikulum 2013 wajib diterapkan kepada seluruh SMK Invest. Dan para guru yang akan mengajar mata pelajaran Simulasi Digital ini adalah mantan Guru KKPI yang telah memiliki sertifikat kompetensi Simulasi digital.

Maka, sebelum diterapkan mata pelajaran Simulasi Digital ini, para guru Simulasi Digital (mantan guru KKPI) akan dilatih oleh master trainer melalui ICT Center di tiap kabupaten. Dan setelah pelatihan, guru Simulasi Digital akan diuji (test) untuk mendapatkan sertifikat tersebut.

Selanjutnya, adalah tugas kami (peserta workshop) untuk menentukan konten dari mata pelajaran ini.
Maka, berdasarkan diskusi dengan beberapa pihak industri pada hari sebelumnya, dan dengan melihat perkembangan teknologi dan kebutuhan tenaga kerja berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan pihak industri saat ini, maka kami merumuskan beberapa konten materi Simulasi Digital sebagai berikut :

  • Pembelajaran Kolaboratif
  • Digital Book
  • Komunikasi dan Interaksi online
  • Video Editing
  • Simulasi Visual

5 kompetensi dasar di atas, selanjutnya kami kembangkan ke dalam beberapa Kompetensi dasar, sebagai berikut :

Setelah mengembangkan kompetensi dasar, kami membuat rancangan rencana pelatihan untuk master trainer yang akan melakukan kegiatan pelatihan bagi guru Simulasi Digital. Pelatihan master trainer ini akan dilakukan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan bekerja sama dengan SEAMOLEC.

Semua rancangan tersebut selanjutnya akan dikembalikan kepada pihak Direktorat PSMK untuk segera ditindaklanjuti…

Selesai sudah tugas saya selama hampir 4 hari bersama teman-teman di Park Hotel Jakarta. Sekarang, saat packing… dan pulaaang..
See you, Jakardah! 🙂