Perjalanan Road show Portal Rumah Belajar Kemdikbud selanjutnya adalah menuju kota tahu, yaitu Kabupaten Kediri. Kali ini saya putuskan untuk berangkat pada hari H, mengingat lokasi yang tidak jauh dari rumah (Jombang). Dan bersama Tim UPT Tekkomdik Dinas Prov Jatim, Bpk Bambang, Bpk Munir dan Bpk Abimanyu, saya ikut bareng (menumpang) dalam rombongan yang pastinya selalu melewati Jombang untuk menuju Kab Kediri. Setelah menentukan tempat untuk ketemu, saya pun menunggu rombongan dari Surabaya, tepat di sebelah timur Universitas Darul Ulum.

Setelah bertemu dengan mereka, kami pun berkenalan… lho? Yah.. ini adalah kali pertama saya bertemu dengan beliau-beliau ini. Karena pada setiap kegiatan sosialisasi portal rumah belajar, setiap daerah di-handle oleh tim yang berbeda. Sehingga kegiatan di daerah yang satu bisa berbeda tim dengan kegiatan di daerah lain. Disamping itu, saya juga termasuk orang baru di sini (baru bergabung dengan trainer tekkomdik tahun ini). Sehingga belum banyak tim panitia yang saya kenal..he..he.

Dan karena baru pertama kali ketemu itulah, kami lewatkan perjalanan ini dengan obrolan-obroan seru seputar materi yang akan kami sampaikan nantinya. Sehingga waktu 1,5 jam perjalanan menuju Kota Kediri menjadi terasa sangat singkat.

Sesampainya di lokasi, Dinas Pendidikan Kab. Kediri, kami baru sadar bahwa kami tiba di tempat acara dengan agak telat, sehingga kami segera menuju Aula Dinas dan membuka acara TOT LMS dan Portal Rumah Belajar Kemdikbud ini.

Kegiatan TOT pemanfaatan TIK untuk pembelajaran kali tidak jauh berbeda dengan kegiatan di daerah lain. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 30 orang guru SD/SMP/SMA sederajat se Kab. Kediri.

Namun, yang membuat acara ini seru adalah pertemuan saya dengan teman semasa kuliah dulu (Hedi Pramuktiono), yang juga menjadi peserta di acara ini. Sambutan dan pelayanan terbaik juga diberikan oleh panitia lokal yang telah menyediakan berbagai fasilitas yang kami butuhkan untuk kelancaran acara ini, seperti Akses internet, konsumsi dan seterusnya.

Para peserta juga sangat antusias mengikuti acara ini selama 2 hari, dengan agenda hari 1 adalah sosialisasi Kelas Maya (Portal Rumah Belajar Kemdikbud) oleh saya sendiri dan hari 2 adalah Learning Management System oleh Bpk Munir, A.Md.

Saya sangat bersyukur karena pada kegiatan kali ini, tidak ada kendala yang berarti. Jika kegiatan sebelumnya terdapat permasalahan pada koneksi internet, kali ini semua berjalan dengan baik.

Pada akhir kegiatan, peserta diminta untuk mempresentasikan kelas maya yang telah dibuat dan membuat laporan langkah pembuatan Kelas Maya. Laporan ini selanjutnya dikirim ke email panitia UPT Tekkomdik Dinas Pendidikan Jawa Timur. Acara berakhir tepat pukul 15.00, dan saya pun bergerak pulang kembali menuju Jombang.

Mudah-mudahan semua kegiatan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas mengajar kita. Amin..