Sepertinya bukan hal yang baru jika setiap menjelang akhir tahun, setiap instansi sibuk untuk kejar setoran melaksanakan program yang telah dirancangnya setahun yang lalu. Sehingga terkadang banyak kegiatan dadakan yang bahkan sampe dilaksanakan secara marathon.. karena dituntut laporan yang kejar tayang..he..he.

Mungkin saya adalah satu orang yang terkena imbas ‘kejar tanyang laporan’ itu.. sehingga hampir setiap minggu, dalam waktu 2 bulan ini, ikut-ikutan sok sibuk ke sana kemari, bahkan ke luar kota, untuk membantu beberapa kegiatan yang dilaksanakan beberapa instansi tersebut.

Yaaa..sebenarnya seneng juga sih.. karena bisa jalan-jalan dan kuliner ke beberapa daerah dengan gratis. Apalagi ketemu dengan teman-teman seprofesi yang mempunyai ketertarikan yang sama (di bidang IT). Nah.. kalau sudah gini, seharian penuh di depan laptop dan audiens pun.. nggak kerasa.

Paparan TOT LMS dan Portal Rumah Belajar Kemdikbud

Seperti minggu lalu (6 November 2013), saya berangkat dari Jombang ke daerah Kepanjen Malang untuk ketemu dengan guru-guru di Kab. Malang untuk kegiatan TOT LMS dan Portal Rumah Belajar Kemdikbud yang dilaksanakan UPT Tekkomdik Prov. Jatim (Pak Margono, Pak Abimanyu dan Pak Dr. Arif Muntasa dari Univ. Trunojoyo).

Awalnya saya kira daerah Kepanjen lokasinya tidak jauh dari daerah Batu, Malang, sehingga saya berangkat dengan santai. Yah paling-paling 3 jam udah sampe.. sehingga seperti biasa.. minum 1/4 tablet Antimo sajaa.. cukup! Maklumlah, saya ini pemabuk.. 😀

Tapiiii…ternyatah!!!! Kepanjen, Malang letaknya juaauhhhh.. Apalagi Bus Puspa Indah jurusan Jombang-Malang yang saya naiki waktu itu penuh. Jadilah saya berdiri dari Jombang sampai TMP, Batu.. pusing dan mabuk 🙁

Sesampai di Landungsari, lanjut dengan naik angkot jurusan Gadang, turun Kacuk dan naik lagi bus mini jurusan Blitar.. turun perempatan Kepanjen. Benar-benar rute yang panjanggg.

Eh.. Setelah sampe di Kepanjen, baterai HP drop lagi!! Yah.. akhirnya harus berani malu.. muter-muter mendatangi toko untuk ikut nge-charge HP. Beruntunglah saya, karena ada bapak-bapak yang sedang kerja di bengkel tidak keberatan, jika saya ikut nge-charge HP.

Setelah baterai terisi, barulah saya bisa menghubungi panitia, minta dijemput menuju Dinas Pendidikan Kab. Malang. Sebenarnya sesi saya baru hari berikutnya, sehingga saya masih bisa santai dan istirahat di hotel semalam supaya besok bisa fresh saat masilitasi.

Pagi harinya jam 8 tepat, saya sudah siap menunggu peserta (guru) yang kebanyakan dari daerah yang lumayan jauh, seperti daerah Lawang, Malang dan seterusnya. Hari ini adalah sesinya materi Portal Rumah Belajar Kemdikbud (Kelas Maya).

Para peserta workshop Rumah Belajar Kemdikbud

Membawakan materi ini sering kali membuat hati dag dig dug tur was was! Karena beberapa fitur dalam portal ini masih belum fix/stabil, dan sering kali down. Dan… ternyata kekhawatiran saya terjadi! Masalah timbul ketika banyak guru yang tidak menemukan daftar sekolah mereka dan daftar mata pelajarannya yang mereka ampu. Kalaupun ada, topiknya pun banyak yang masih kosong, terutama untuk guru/mata pelajaran SD.

Akhirnya.. apa boleh buat, saya sarankan mereka untuk memilih sekolah yang lain (atau sekolah tetangganya) dan memilih mata pelajaran seadanya. Dan sesi membuat Materi Ajar pun selesai dan tinggal di-publish.

Tapi.. apa yang terjadi….? All material’s gone!! Semua RPP, materi, modul ajar dan latihan soal.. hilaang! Duh..

Kalau sudah gini.. ya nggak bisa lanjut!! Sebab syarat untuk membuat Kelas Maya adalah semua point yang ada di Materi Ajar, semua harus aktif dan terpublikasi.

Tampilan Kelas Maya Kemdikbud

Akhirnya.. Wallahu a’lam bis showaabbb… Terpaksa saya harus memberi alternatif pilihan materi sejenis, yang bisa menggantikannya. Maka Edmodo menjadi alternatif pilihan, karena mudah digunakan, stabil dan guru/siswa insyaAllah sukaaaa.

Akhirnya kami menghabiskan waktu dengan membuat kelas di Edmodo. Tak terasa waktu berakhir dan peserta pun pulang dengan membawa oleh-oleh LMS Dindik Jatim Prov di hari ke-1 dan “Separuh” Kelas Maya dan Edmodo.

Sebelum pulang ke Jombang dan Ke Surabaya, Alhamdulillah kami ditraktir makan di lesehan Gurami Bakar oleh .. Pak Gito, guru SMAN 1 Kepanjen.

Pak Margono, saya dan Pak Gito 

Nah..kalau udah gini.. buyaaaar deh program dietnya..ha..ha.. Semoga portal Kelas Maya Kemdikbud terus dikembangkan, sehingga kita bisa menikmati portal Rumah Belajar buataan anak negeri.

Amin.. Makasih udah berkunjung ke blog saya ini ya..;)