Bergeser dari Gedung Acer Indonesia di Plaza Tower lt.42, saya kembali ke Jombang untuk berbaur bersama sekitar 100 orang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SD/SMP/SMA sederajat, se-kabupaten Jombang, dalam acara Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis TIK di Hotel Yusro Jombang, mulai tanggal 25, 26 dan 28 November 2013. Acara ini sekaligus menyambut hari guru nasional yang bertepatan pada tanggal 25 November tahun ini.

Berada di tengah para guru agama, membuat saya bersyukur sekaligus takjub. Para guru yang usianya tidak lagi muda ini, masih bersemangat untuk menambah kompetensinya di bidang IT demi mengembangkan kualitas mengajarnya.

Tentu bukan hal mudah bagi mereka saat harus berada di depan laptop, memainkan jari-jari mereka di atas keyboard/mouse pad, setelah berpuluh-puluh tahun mereka merasa nyaman melaksanakan pembelajaran dengan berbekal pengalaman dan hanya dengan buku, spidol atau kapur tulis. Maka seandainya ada pilihan bagi mereka untuk boleh tidak melakukannya, tentu mereka akan memilih untuk tetap berada di zona “nyaman” mereka.

Namun, tuntutan perkembangan anak didik dan teknologi di dunia pendidikan, membuat mereka (bc.kita) tidak mempunyai pilihan lain. Kita dituntut untuk bisa men-transfer pengalaman dan pengetahuan melalui teknologi yang saat ini sangat akrab dengan anak didik kita. Maka, sebagai seorang yang? dianggap bisa memfasilitasi kebutuhan mereka (dalam hal ini), saya dan teman saya Fajar Indra Kurniawan, merasa berkewajiban untuk bisa berbagi, membantu mengakrabkan mereka dengan “benda mati” yang saat ini menjadi idola, bahkan kebutuhan hampir semua manusia.

Menjadi sangat sulit bagi para guru yang notabene mempunyai dasar kemampuan TIK yang minim, ketika dituntut untuk dapat menyelesaikan sebuah produk media pembelajaran dalam waktu kurang dari 3 hari saja. Begitu pula bagi kami (fasilitator). Kami harus mencari sebuah cara, agar semua target pelatihan ini dapat tercapai dengan maksimal.

Maka mempersiapkan sebuah template, mungkin menjadi satu-satunya alternatif yang bisa kami lakukan agar para peserta tidak banyak membuang waktunya untuk mendesain tampilan media ajarnya. Dengan begitu, para peserta dapat fokus pada konten pembelajaran yang akan dibuatnya dan memudahkan mereka dalam menambahkan teks, image, audio, dan video.

Menambahkan Audio dan video ke dalam konten media pembelajaran adalah hal penting bagi para guru PAI ini, mengingat banyaknya materi yang berkaitan dengan Surat/Ayat Al Qur’an dan materi praktik keagamaan. Dan satu kepuasan tersendiri, ketika melihat rona wajah gembira para guru ini saat berhasil menyisipkan audio dan video pendukung, ke dalam bahan ajar PPT-nya.

Melengkapi bahan ajar mereka, kami juga mengenalkan sebuah aplikasi pembuat quiz interaktif yang menurut kami cukup mudah dalam penggunaannya, yaitu Wondershare Quiz Creator. Dan ternyata benar.. peserta tidak mengalami kendala yang berarti ketika menggunakan aplikasi ini.

Waktu yang begitu singkat, tidak memungkinkan kami untuk bisa membagi semua detail materi PowerPoint dan Quiz Creator kepada para guru ini. Sehingga kami harus benar-benar bisa memilih bagian penting yang musti tersampaikan.

Sesi terakhir dari kegiatan workshop ini adalah pengumpulan dan presentasi hasil produk media pembelajaran oleh peserta. Dalam sesi ini diharapkan ada feedback dari peserta baik tentang desain, konten dan efektivitas media yang telah dibuat.? Mudah-mudahan semangat belajar yang dimiliki oleh para Guru PAI Kab. Jombang ini bisa menjadi motivasi dan inspirasi untuk selalu meningkatkan kompetensi dan kualitas belajar mengajar kita. Amin.. 😀