Surat tugas kali ini membawa saya ke daerah timur pulau Jawa, information pills yaitu Kabupaten Bondowoso. Bersama Tim SEAMOLEC, look Bpk Direktur SEAMOLEC, clinic Gatot Hari Priowirjanto, Mbak Cahya dan Mas Haritz, kami bergabung dengan 50 orang kepala sekolah dan pengawas SMA/SMK se- Kab Bondowoso dalam acara “Seminar dan Workshop SEA EDUNET dan SEA TWIN For Teachers 2013”.

Acara yang akan berlangsung selama 3 hari (10 s/d 12 April 2013) ini bertempat di SMKN 2 Bondowoso dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Bondowoso, Ibu Hj. Endang H dan Ka Bidang Dikmen Kab. Bondowoso, Bpk. H. Saifuddin Suhri.

Agenda kegiatan hari pertama ini adalah seminar yang diikuti oleh kepala sekolah SMA/SMK Se- Kab. Bondowoso dan 2 hari berikutnya adalah pelatihan pemanfaatan media kolaborasi Edmodo dan pembuatan Digital book untuk pembelajaran di sekolah.

Seminar ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bondowoso, dan dilanjutkan oleh Bapak Direktur SEAMOLEC yang memberikan gambaran tentang penerapan media digital dalam pembelajaran sekaligus memberikan motivasi kepada bapak/ibu Kepala Sekolah untuk menyiapkan diri (sekolah) menyongsong era digital dengan cara menerapkan media kolaborasi pembelajaran di sekolah – sekolah di Kabupaten Bondowoso dilanjutkan dengan kolaborasi antar kabupaten dan daerah di seluruh Indonesia.

?Pengarahan Direktur SEAMOLEC

Selanjutnya adalah tugas saya untuk mengenalkan SEA EduNet 2.0 dan SEA Twin kepada peserta supaya para peserta memiliki gambaran awal tentang program-program kegiatan yang akan kami lakukan selama 3 hari ke depan.

SEA EduNet 2.0 merupakan model pembelajaran era digital yang dikembangkan oleh SEAMOLEC dan bertujuan untuk mengembangkan keterampilan TIK para guru pada proses pembelajaran untuk mendukung Implementasi Kurikulum 2013.

Beberapa Program Aplikasi SEA EduNet 2.0?yang dikembangkan oleh SEAMOLEC meliputi :
  • Pembelajaran online dengan platform Edmodo (social media networking dan learning)
  • Bahan ajar Digital Book menggunakan Calibre?
  • Video & Streaming Based Learning menggunakan teknologi SEAMOLEC Multi Studio (SMS)
  • Pemanfaatan BigBlueButton untuk Online Conference
  • Pemanfaatan SEACyberClass (SCC) Untuk Latihan Ujian Nasional
  • Dan Program lainnya seperti ONLINE COURSE SEAMOLEC (odl.semaolec.org) dan SEAMOLEC Magazine (Majalah Digital Seamolec).?

Sedangkan SEA Twin merupakan Program Kemitraan Sekolah SMA/SMK dan Perguruan Tinggi dengan Sekolah dan College di Asia Tenggara yang bertujuan untuk menjembatani kerjasama di bidang pendidikan di antara sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara.

Program SEA EduNet 2.0 dan SEA Twin memiliki peran besar untuk mengintegrasikan 4 aspek dalam pembelajaran berbasis, yaitu Metode penyampaian, Pengembangan konten, Komunikasi, dan Evaluasi.

Pengalaman menggunakan media kolaborasi Edmodo dan pengalaman membuat Digibook membuat saya bersemangat untuk berbagi manfaat dengan bapak/ibu kepala sekolah. Dan syukur Alhamdulillah, Bapak/ibu kepala sekolah sangat antusias untuk menerapkan media ini di sekolahnya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan dari bapak/ibu kepala sekolah saat acara diskusi berlangsung.

Mudah-mudahan semangat dan antusias kepala sekolah diikuti oleh para guru yang akan belajar memanfaatkan media kolaborasi dan pembuatan Digibook hari berikutnya.

Sampai ketemu esok… 🙂