Agak kaget juga ketika ada salah satu siswa yang nyeletuk ketika saya tanya Laptopnya pakai SO apa? Dia jawab Windows 8…
Ha?? Masak iya?? Sudah ada?? Akhirnya, pill dari pada terlihat pilon..tanya aja ke mbah Google..dan ternyata!
Waduh..waduh! baru kemaren pake Windows 7, hospital sekarang udah mau muncul lagi Windows 8.
Yah, diagnosis menurut bocoran, Windows 8 diperkirakan akan lahir pada akhir tahun 2012 atau awal 2013. Jika anda ingin mengetahui interface Windows 8, kira-kira kayak gini…


Jika dilihat secara sekilas, memang Bentuk menu dan status barnya mengalami perubahan, yang memang lebih cantik dari versi XP, Vista, maupun 7. Namun bagi user, tampilan itu tidak terlalu penting, karena selama ini toh mudah mendapatkan tema-tema baru melalui pihak ke-3. Ikon bisa diganti-ganti, demikian pula huruf, warna menu, maupun gambar latar belakang. User lebih ingin tahu apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh perusahaan yang bermarkas besar di Redmond, California, itu.

Dengan munculnya preview mengenai Windows 8 , Microsoft menjanjikan sebuah perpaduan garis antara akun pengguna lokal dan personas online. Rincian bocoran mengenai Windows 8 Milestone 1 (M1) menunjukkan bahwa pada iterasi yang akan datang dari pelanggan sistem operasi akan dapat menggunakan alamat email akun Windows mereka sendiri..
Ini artinya, mungkin Windows 8 akan terhubung dengan Windows Live, termasuk Hotmail (wah, bagi pengguna bajakan,bisa-bisa langsung kena sita oleh Microsoft…he..he)

Dengan Connected Account, pengguna akan dapat melakukan pengaturan, kustomisasi, favorit, serta disinkronkan konten mana saja, untuk setiap mesin menjalankan Windows 8, selama identitas pengaruh yang mereka online mereka untuk masuk ke platform.

Namun, disamping perkembangan dan perubahan pada interfacenya dan akses pengguna secara online, user mungkin lebih mengharapkan Windows 8 bisa memperbaiki berbagai program-program bawaannya, seperti Windows Explorer, WordPad dan Notepad, dan Paint. Program-program tersebut masih mempunyai banyak titik lemah seperti pada Explorer, kalau user menyalin banyak file ke folder atau drive lain, dan salah satu file mengalami kerusakan, maka proses penyalinan akan terhenti. Padahal harusnya ada opsi untuk meneruskan sisa file yang ada. File yang gagal terkopi dibuat daftarnya, sehingga dapat ditangani lebih lanjut, misalnya dengan program utilitas yang sudah banyak beredar. Selain itu, setting tampilan folder juga harus dipermudah, baik setting secara global untuk seluruh folder, maupun setting lokal untuk folder tertentu, karena isinya berbeda-beda, ada yang khusus gambar, ada yang musik, ada yang angka, dan sebagainya.

Lebih jauh lagi, disediakannya program spreadsheet ringan, paling tidak dapat menggantikan program kalkulator, karena secanggih apapun kalkulator, tetap tidak informatif bagi user. Apalagi kalau melibatkan banyak item, misalnya daftar belanjaan atau pembuatan daftar honor. Kalau memakai program kalkulator terlalu rumit, kalau memakai Excel terlalu besar dan tidak gratis. Oleh karena itulah, program spreadsheet sederhana dengan 1000 baris dan 100 kolom pun sudah lebih dari cukup.
Perbaikan yang juga diharapkan oleh user adalah kemampuan koneksi ke Internet yang tidak hanya browser dengan kemampuan multi-tab, tetapi juga sekaligus koneksi ke berbagai program komunikasi seperti chatting, email, blog, dan jejaring sosial. Bila perlu juga ke berbagai tempat penyimpanan file online seperti 4shared.com, ziddu.com dan sebagainya. Saat ini media penyimpanan seperti ini sudah biasa bagi pemakai komputer yang ingin berbagi file. Pendek kata, Microsoft seharusnya dapat belajar dari berbagai program yang dibuat oleh pihak ketiga, baik yang gratis maupun komersial.

Saat ini Microsoft sudah mengumumkan paling tidak ada dua kemampuan baru yang akan dimiliki oleh Windows 8, yaitu perbaikan terhadap BranchCache dan Distributed File System Replication (disingkat DFSR).

BranchCache adalah kemampuan mengakses file dari intranet dan membuat salinannya secara lokal, sehingga program dapat bekerja lebih cepat. Memang ini membutuhkan kapasitas simpan yang besar, namun Microsoft tidak khawatir, toh sekarang kemampuan harddisk sudah luar biasa besar dengan harga yang sudah relatif murah. Kemampuan ini sudah dikenalkan pada Windows 7, tapi akan jauh ditingkatkan kemampuannya pada Windows 8.

Kemampuan baru yang akan menjadi ciri khas Windows 8 adalah DFSR, yaitu kemampuan untuk melakukan sinkronisasi atau penyamaan isi folder berbasis multiplatform. Windows 8 dijanjikan dapat berkomunikasi dengan mudah dengan berbagai server yang memakai OS berbeda-beda. Windows 8 memiliki kemampuan untuk menyamakan isi folder di server lain, misalnya di kantor cabang, dengan di kantor pusat.

DFSR diperkirakan dapat menghemat bandwidth WAN hingga 80% melalui kompresi diferensial On-The-Wire. Pada masa sekarang, banyak program aplikasi yang memerlukan data dalam jumlah sangat besar, tidak hanya gigabyte, tetapi sudah mulai menyentuh terabyte, kebutuhan jalur komunikasi menjadi semakin krusial. Tidak hanya perusahaan besar, bahkan pemakai individual pun sudah biasa mengunduh program aplikasi dan film dari Internet dalam jumlah puluhan gigabyte dalam sehari. Dengan teknologi yang sekarang ada, kebutuhan koneksi jaringan intranet dan Internet akan sangat mahal. Microsoft melihat celah kebutuhan file sharing ini dengan mengenalkan DFSR yang diperkirakan akan menghemat biasa hingga 80% dan itu akan sangat signifikan bagi perusahaan pada masa sekarang.