Saya mengenal software ini pertama kali ketika mengikuti TOT D1 Pendidikan Vokasi Berkelanjutan (PVB) di Politeknik Negeri Malang yang diselenggarakan oleh SEAMOLEC.
Wirecast adalah sebuah software yang digunakan untuk menyiarkan sebuah video (pertunjukkan) secara Live (langsung). Dalam dunia pendidikan, remedy software ini bisa kita manfaatkan untuk menyampaikan bahan ajar kita dari jarak jauh melalui video streaming dengan bantuan koneksi internet (tentunya dengan koneksi yang baik). Dengan wirecast, more about streaming kamera dapat menampilkan media seperti film, gambar, suara, bahkan bahan ajar powerpoint kita, bisa kita tampilkan dan bawakan secara live layaknya presenter-presenter berita professional ;). Dan Hasil dari video ini juga bisa kita simpan sebagai dokumentasi.
Karena pembuatan media ini dilakukan secara live (tanpa pengeditan), maka diharapkan si presenternya benar-benar mempersiapkan presentasinya secara matang, supaya tidak ada bagian yang tidak penting yang terekam. Dan satu lagi, Tampilan harus diperhatikan, supaya audience merasa nyaman mengikuti pembelajaran kita 😉
Software Wirecast ini bisa anda download secara cuma-cuma (versi trialnya 😉 ) di sini. Jika Anda menjalankan Versi Demo Wirecast, logo Wirecast akan muncul di layar diikuti dengan audio Wirecast.
Sedangkan peralatan yang diperlukan untuk pembuatan media ini adalah :
1. Kamera Video
Kamera digunakan untuk mengambil gambar dari yang membawakan suatu acara (presenter).
2. Tripod
Tripod sering disebut juga kaki dari kamera.Tripod berfungsi untuk menyangga kamera
3. Headphone
Seorang kontroler harus bisa mendengar proses pengambilan video maupun audio,agar sang kontroler bisa mendengarkan dengan jelas maka sebaiknya menggunakan Headphone agar kualitas suara tetap baik.
4. Blue/Green Screen
Agar mendapatkan tampilan yang baik maka latar belakang presenter atau pembawa acara sebaik menngunakan Blue/Green screen yang nantinya bisa diganti sesuai keinginan.untuk mengganti latar belakang dapat menggunakan fasilitas Chroma Key yang terdapat pada Wirecast
5. Controler
Berupa komputer/PC yang digunakan untuk si Kontoler dalam melaksanakan tugasnya.
6. Kabel Pendukung
Untuk menghubungkan antara kamera dan kontroler diperlukan beberapa kabel antara lain kabel Fireware, kabel VGA,VGA adapter dll.
7. Eksternal Hardisk
Eksternal Hardisk ini digunakan menyimpan hasil recording atau streaming yang telah dibuat.
8. Wirecast
Merupakan Software Pengolah Video untuk media pembelajaran.

Menu Pada Wirecast
Menu – menu pada wirecast adalah sebagai berikut:
1. File
2. Edit
3. Switch
4. Media
5. Source
6. Broadcast
7. Layout
8. Window
9. Help

Pada main window terbagi menjadi 2 (dua) bagian yaitu :
1. Live Broadcast
Adalah untuk menampilkan (preview) apa yang akan disiarkan.
2. Shot List
Adalah ikon-ikon yang terdapat dibawah live broadcast. Shot berisi media yang dapat berupa file music (audio), live kamera, animasi tambahan, video. Pengaturan dapat diubah-ubah, Shots sangat penting karena memungkinkan untuk mengkonfigurasi informasi sebelum waktu produksi (penyiaran)
3. Transisi
Adalah untuk mengontrol kecepatan pada wirecast.
4. Auto live
Adalah untuk menampilkanperubahan pada jendela utama secara otomatis atau akan ditampilkan gambar yang sebenarnya.
Hasil dari pemanfaatan software ini bisa anda lihat pada video pembelajaran di sidebar blog saya ini.