Maaf, Saya Benar-benar Lupa..

Hari ini saya lalui seperti biasanya, berusaha sampai di sekolah sebelum pukul 06.30 untuk mengajar pada jam pertama.  Sesampainya di sekolah, saya pun bergegas menuju ke kelas.

Di sepanjang jalan menuju kelas, saya berpapasan dengan salah satu teman guru. Namanya Bapak Dodi. Beliau adalah salah satu guru Matematika senior di sekolah saya. Hari ini beliau tampak berbeda, kerena beliau satu-satunya guru yang memakai seragam batik khas SMKN 3 Jombang, yang biasa  kami gunakan pada hari Kamis/Jum’at dan Sabtu (sebelum ada aturan penggunakan seragam Pramuka pada Hari Sabtu).

Meski kami saling tegur sapa, namun saya tidak mempunyai keberanian untuk sekedar menanyakan, apakah dia salah kostum? Mengingat hari ini adalah hari selasa, saatnya semua guru dan staf memakai seragam dinas.

Dan kami pun segera berlalu…

Sampai di ruang kelas, seperti biasa saya memandu anak-anak untuk membaca ayat-ayat al qur’an sebelum pelajaran dimulai.  Setelah 10 menit berlalu, maka saya pun mengajar seperti biasanya.

Selama 2 jam pelajaran saya berada di kelas X TKJ, saatnya jeda 2 jam pelajaran (jam ke 3-4).

Waktu jeda dan istirahat kali ini saya habiskan untuk berkumpul bersama teman-teman guru lainnya, yang kebetulan juga tidak ada jam mengajar, dengan membicarakan persiapan UTS (Ujian Tengah Semester) sambil menikmati makanan sarapan pagi yang saya bawa dari rumah.

Setelah seru-seruan barter makanan bawaan, saya pun melanjutkan aktivitas rutin mengunjungi blog dan mengecek email sekaligus mengupdate informasi dengan mengakses berita dari portal berita di internet.

Alangkah terkejutnya ketika saya membaca Headline harian Kompas yang menyatakan bahwa hari ini adalah hari Batik Nasional.

Seragam batik SMKN 3 Jombang

Perasaan terharu segera terlintas, saat saya teringat pada Pak Dodi yang menggunakan seragam batik… Betapa beliau telah mengingatkan saya… tentang pentingnya menghormati dan menghargai Hari Batik Nasional, setelah bertahun-tahun Indonesia berjuang mendapatkan pengakuan UNESCO, “batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia“.  Dan dengan segera Bapak Presiden pun menetapkan tanggal 2 oktober sebagai Hari Batik Nasional dengan menerbitkan Keputusan Presiden No 33 Tahun 2009.

Seragam batik SMKN 3 Jombang

Saya jadi merasa bersalah, bukan maksud saya untuk tidak mencintai dan menghargai budaya Indonesia… Percayalah bahwa setiap 3 hari sekali dalam satu minggu, kami selalu menggunakan seragam batik di sekolah. Hanya… Maaf, hari ini saya benar-benar lupa…. 🙁

You may also like...